SISINTA (Sistem Informasi Skripsi dan Tugas Akhir)

SISINTA telah dimanfaatkan oleh Departemen Teknik Elektro dan Informatika Universitas Negeri Malang (UM) sejak tahun 2020 untuk mengelola pengajuan skripsi (S1) dan TA (D3), log kegiatan pembimbingan sampai penilaian sempro dan sidang. Kini SISINTA v.1 yang telah digunakan 4 tahun ini disempurnakan dengan versi 2 nya. Jika pada SISINTA v.1 berdiri secara mandiri dan tidak ada integrasi dengan sistem informasi administrasi departemen, maka SISINTA v.2 ini terdapat beberapa proses integrasi antara kegiatan skripsi mahasiswa dengan admnistrasi di departemen.

Contoh saja seperti proses bisnis pengajuan seminar proposal dan sidang skripsi, maka mahasiswa harus mengajukannya melalui SISINTA termasuk peminjaman ruang sempro atau sidang. Jika pada versi sebelumnya, peminjaman dilakukan di luar sistem, maka di versi 2 ini, admin departemen akan memvalidasi pengajuan peminjaman ruang melalui SIADMIN dan jika ruang yang dipinjam sudah ACC maka secara bersamaan, kaprodi bisa ACC sempro atau sidang skripsi.

SISINTA v.2 Universitas Malang (UM) serupa dengan variasi permainan kasino online, dimana sistem versi baru menciptakan peluang dan fungsionalitas baru. Sama seperti bonus dan promosi yang dapat meningkatkan permainan bagi para pemain, SIINTA v.2 menawarkan fitur-fitur baru yang akan membuat proses belajar siswa menjadi lebih nyaman dan efisien. Karena permainan kasino juegos dinero real yang berbeda menawarkan gameplay yang bervariasi, SIINTA v.2 mencakup berbagai proses integrasi untuk meningkatkan pengalaman administrasi dan siswa.

Tampilan pengajuan peminjaman ruang yang telah disetujui oleh admin departemen

Pada SISINTA v.2 ini juga diberikan restriction terkait peminjaman ruangan yaitu jadwal penggunaan existing telah dipublish sehingga jika mahasiswa meminjam ruang di jam tersebut maka otomatis peminjaman ruang tidak bisa digunakan

Tampilan jika mahasiswa mengajukan ruangan yang sedang digunakan sehingga registrasi gagal
Tampilan akun mahasiswa untuk registrasi seminar dimana terdapat beberapa persetujuan dari administrasi dan dosen pembimbing

Proses integrasi ini memudahkan banyak pihak dan menjadikan sebuah proses bisnis yang mempermudah mahasiswa, administrasi, pembimbing, kaprodi, kalab dan kepala departemen. Keseluruhan data dan log akses mahasiswa, dosen dan admin dapat terpantau dengan baik. Ke depannya akan lebih dikembangkan lebih lanjut dengan proses bisnis yang lebih memudahkan.

SISINTA dapat diakses melalui laman: https://elektro.um.ac.id/sisinta/

Akses sisinta menggunakan NIM dengan default password 123

Tim pengembangan versi 2: Wahyu Nur Hidayat (Kalab), Febrianto Alqodri (Laboran), Wahyu Styo Pratama (Mahasiswa)

Selamat menikmati akses SISINTA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *