Tugas Akhir Technopreneurship dan Kewirausahaan

Produk akhir pada matakuliah technopreneurship dan kewirausahaan adalah membuat sebuah usaha yang dikembangkan oleh kelompok mulai dari pre-seed sampai seed phase. Namun kegiatan pengembangan usaha yang direncanakan tidak bisa dijalankan 100% karena keterbatasan di tengah pandemik covid-19.

Perlu diketahui bahwa setidaknya terdapat beberapa hal yang membuat usaha kita memiliki peluang mendapatkan investasi yang besar yaitu:

  1. Exceptional Founders
    Sebuah usaha yang top didirikan dan dikembangkan oleh tim yang memiliki dedikasi dan integritas yang tinggi. The winning team diperlukan untuk menyelesaikan banyak masalah dan meraih peluang untuk eskalasi usaha.
  2. Huge Market
    Usaha yang dikembangkan memiliki potensi pasar yang besar. Hal ini sangat menentukan potensi maksimal pengembangan sebuah usaha. Jika pasar yang dimiliki kecil maka pengembangan usahanya juga akan terbatas.
  3. Amazing Product
    Produk atau jasa dengan kualitas baik akan menarik investor bergabung dengan usaha yang sedang dikembangkan karena produk/jasa tersebut merupakan ujung tombak penawaran kita kepada pelanggan.
  4. Solid Business Model
    Model bisnis yang dikembangkan harus disesuaikan dengan jenis usahanya. Solid dan konsistensi dalam menjalankan model bisnis juga berpengaruh pada potensi eskalasi usaha. Bagaimana cara menjamin kualitas produk? Bagaimana proses delivery produk? Bagaimana cara menghasilkan pemasukan dan investasi? dll. Semua pertanyaan tersebut harus terjawab jelas dengan model bisnis yang baik.

Berdasarkan penjelasan tersebut, tentunya kita harus membuat perencanaan matang mulai dari mencari ide usaha, validasi ide usaha, pengembangan produk, ekspansi, dan keberlanjutan usaha.

Oleh karena itu untuk mempertajam naluri berwirausaha, sebagai tugas akhir semester dan salah satu tugas UAS matakuliah technopreneurship dan kewirausahan, tiap individu diwajibkan untuk membuat proposal usaha/proposal start up dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan teknologi.

Format proposal usaha:

KOVER
DAFTAR ISI
BAB I. PENDAHULUAN

Uraikan latar belakang, atau alasan yang mendasari disusunnya proposal, apakah berdasar atas hasil riset pasar atau inisiatif sendiri untuk membuka pangsa pasar. Ungkapkan pula jenis dan spesifikasi teknis komoditas yang akan menjadi modal berwirausaha.
BAB 2. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
Pada bab ini, uraikan kondisi umum lingkungan yang menunjukkan potensi sumberdaya dan peluang pasar termasuk analisis ekonomi usaha yang direncanakan. Sajikan secara singkat untuk menunjukkan kelayakan usaha.
BAB 3. METODE PELAKSANAAN
Metode pelaksanaan menyajikan uraian tentang teknik/cara membuat komoditas usaha, mengemas dan memasarkannya sekaligus tahapan pekerjaan dalam pencapaian tujuan program.
BAB 4. BIAYA PENGEMBANGAN USAHA
BAB 5. JADWAL KEGIATAN

Proposal dikumpulkan sesuai jadwal UAS di Google Classroom (Kewirausahaan: a5w4l3q; Technopreneurship: 65uevdg) dengan format dokumen (.doc). Selamat berkarya!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *