Instalasi OpenCV pada Jupyter – Anaconda

Kali ini saya akan membagikan tips untuk instalasi package library OpenCV. OpenCV (Open Source Computer Vision Library) merupakan sebuah library perangkat lunak yang ditujukan untuk pengolahan citra dinamis secara real-time. Pada pemrograman python kita bisa memanfaatkan library ini untuk melakukan operasi yang berhubungan dengan pengolahan citra seperti konvolusi, morfologi, deteksi tepi, dan lain-lain.

Jika Anda menggunakan navigator Anaconda, secara otomatis kita akan menginstall Jupyter. Jupyter Notebook merupakan tool pengolahan data di python yang memungkinkan integrasi kode dan output dalam satu dokumen secara interaktif.

Jika saat Anda menginstall Anaconda dan Jupyter belum terinstall maka Anda bisa langsung klik install pada Anaconda atau melalui prompt Anaconda dengan menuliskan code:

pip install jupyter

Nah saat ini, kita langsung buka jupyter kemudian melakukan instalasi opencv. Kita bisa memilih untuk membuat halaman coding Python 3 pada Jupiter.

Ketikkan code

conda install -c conda-forge opencv

Anda juga bisa menuliskan kode tersebut melalui Anaconda Prompt. Setelah itu library opencv akan terinstall dan Anda dapat memanfaatkanna untuk kegiatan pengolahan citra. Selamat menikmati…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *