Pasar

Materi kedua pada matakuliah e-business adalah pengenalan aneka pasar dan segmentasi pasar. Hal ini merupakan pemahaman dasar dari sebuah bisnis untuk dapat memetakan sasaran pasar agar proses bisnis bisa berjalan efektif dan efisien.

Di akhir materi ini, silahkan berikan komentar terkait pentingnya pemilihan segmentasi pasar dalam pengembangan sebuah usaha! Sertakan rujukan yang mendukung.

75 Replies to “Pasar”

  1. Segmentasi pasar yakni membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang terbedakan dengan kebutuhan, karakteristik atau tingkah laku berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran terpisah. Penjual menggunakan berbagai cara berbeda untuk membagi-bagi pasar dan mengembangkan profil dari segmen pasar yang dihasilkan. Langkah kedua, adalah mentargetkan pasar, yakni mengevaluasi daya tarik setiap segmen pasar dan memilih satu atau beberapa segmen pasar untuk dimasuki. Langkah ketiga, adalah memposisikan pasar, yakni menetapkan pemosisian bersaing untuk produk dan menciptakan bauran pemasaran yang terinci.

    Sumber : Jurini, Kristanti Puji Winah. 2003. Menetapkan Segmentasi Pasar. DIREKTORAT PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN

  2. Segmentasi pasar merupakan kegiatan pengelompokan konsumen dari suatu produk yang bersifat heterogen ke dalam segmen pasar yang bersifat homogen. Homogenitas setiap segmen pasar tersebut disebabkan oleh adanya perbedaan kebiasaan konsumen, cara penggunaan produk, kebutuhan pengguna, motif dan tujuan pembelian, dan sebagainya.

  3. Agar strategi pemasaran yang digunakan dapat berjalan efektif dalam menghadapi persaingan, maka strategi pemasaran yang digunakan harus dikembangkan atas dasar segmentasi pasar (market segmenting), menentukan target/sasaran pasar (market targeting), dan menentukan posisi pasar (market positioning).
    Segmentasi pasar dimaksudkan untuk melakukan pengelompokan pasar berdasarkan kriteria yang sama, misalnya factor demografis, sosiologis, psikologis yang sama sehingga perusahaan dapat memberikan kepuasan kepada konsumen dari segmen pasar yang dipilih atau dilayani.
    Dari pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa segmentasi pasar sangat penting dalam sebuah usaha, karena dapat lebih efektfif serta tepat guna dalam memberikan pelayanan kepada konsumen
    Sumber :
    Pasigai, M. A. (2009). Pentingnya Konsep Dan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis. Jurnal Ekonomi Balance, 5(1), 51-56.

  4. Segmentasi pasar adalah strategi produsen untuk mengetahui minat dan kebutuhan konsumen untuk menciptakan produk.
    Manfaatnya bagi perusahaan antara lain meningkatknan pelayanan konsumen agar lebih baik. Jadi dengan adanya market segmentation ini sebuah perusahaan lebih mudah untuk memberikan pelayanan sesuai segmentasinya. Selain itu manfaat yang didapat perusahaan yaitu membuat strategi pemasaran menjadi lebih terarah.

  5. Menurut Philip Kotler, segmentasi pasar penting dalam bisnis karena pada dasarnya segmentasi merupakan suatu strategi untuk memahami struktur pasar, jadi pada tahap ini perlu dilakukan adanya pengidentifikasi dan pemanfaatan peluang yang muncul dipasar, jika sudah ada peluang dalam pasar, maka produk yang akan ditawarkan akan menarik minat dari masyarakat yang juga akan berpengaruh pada bisnis. Segmentasi merupakan faktor kunci mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut yang unik dan cara yang berbeda (Kartajaya, 2006).

    Sumber:
    http://e-journal.uajy.ac.id/3906/3/2EM17651.pdf

  6. Menurut saya, segmentasi pasar sangatlah penting untuk menetukan target yang ingin kita incar karena kita tidak mungkin memasuki pasar dengan pikiran dapat menjual kepada semua orang. Serta dengan segmentasi pasar juga kita sebagai penjual dapat mengetahui kebutuhan dari seorang konsumen atau pelanggan kita agar tidak terlalu melebar kemana-mana dan terfokus pada beberapa konsumen yang jelas akan menjadi target kita.

    Sumber : https://blog.zahiraccounting.com/segmentasi-pasar-pada-perusahaan/#:~:text=Manfaat%20Segmentasi%20Pasar,dipakai%20secara%20efisien%20dan%20efektif.

  7. • Menurut Gary Amstrong
    Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi pasar yang luas menjadi terpetak-petak sesuai kebutuhan dan karakteristik konsumen. Tujuannya ialah supaya perusahaan bisa melahirkan produk yang memang dibutuhkan oleh mereka.

    Dari pernyataan Gary Amstrong ini sudah sangat jelas bahwa segmentasi pasar adalah hal penting yang harus dilakukan dalam sebuah bisnis untuk mempermudah pengusaha dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Dimana segmentasi pasar ini juga akan menentukan keberhasilan penjualan.

  8. segmentasi pasar adalah strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan dalam menciptakan atau mengolah produk/ jasa yang sesuai dengan minat serta kebutuhan konsumen

  9. segmentasi pasar adalah strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan dalam menciptakan atau mengolah produk/ jasa yang sesuai dengan minat serta kebutuhan konsumen

  10. Pentingnya pemilihan segmentasi pasar salah satunya demi meningkatkan efektivitas strategi pemasaran yang telah di rencanakan, dan juga agar lebih terarah serta sumber daya pada perusahaan juga bisa dipakai secara efisien dan efektif.Menurut Gary Amstrong dan Philip Kotler, definisi segmentasi pasar ialah pembagian sebuah pasar atau market menjadi sejumlah kelompok konsumen atau pembeli yang berbeda.

  11. Apabila segmentasi pasar dapat disusun dengan baik , maka akan memudahkan perusahaan untuk merancang dan membentuk produk/jasa yang sesuai dengan minat dan kebutuhan konsumen

    Menurut Tjiptono (2012), Segmentasi pasar merupakan faktor yang penting untuk dipertimbangkan agar dapat menempatkan suatu produk atau pun merek didalam benak konsumen sehingga produk atau merek tersebut memiliki keistimewaan atau keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *