Pemodelan Data – ERD

Pertemuan Minggu-14 Mata kuliah Basis Data 1 akan membahas tentang pemodelan data. Salah satu model pemodelan data yang banyak digunakan adalah Entity Relationship Diagram (ERD). Model Data Entity-Relationship (E-R) memungkinkan kita menggambarkan konteks objek dan hubungannya, dan digunakan secara luas untuk mengembangkan desain database awal.

Materi minggu-14 ini disampaikan secara online melalui aplikasi Zoom. Sebelum Anda gabung pada kelas teleconference, maka silahkan isi dulu angket penggunaan LMS yang digunakan sebagai presensi kehadiran sebagai berikut:


Basis Data 1 Kelas TI-B 2019 (Edmodo)


Basis Data 1 Kelas TI-C 2019 (Schoology)

Angket ini digunakan sebagai bahan evaluasi penggunaan pembelajaran online, sehingga kita nanti bisa membandingkan, UI/UX mana yang paling sesuai dengan psikologis kita.

Perkuliahan online kita hari ini akan diselenggarakan melalui aplikasi Zoom. Pastikan aplikasi Zoom kalian adalah yang terupdate untuk mendukung keamanan data yang kita gunakan dalam teleconference. Berikut adalah detail Zoom Meeting:

Topik: Pemodelan Data ERD
Waktu: 22 April 2020 15.00 WIB
Join Zoom Meeting
https://us04web.zoom.us/j/74832306476?pwd=SFZHSk44WUhqUEg4QzRSNUtJcEhBQT09
Meeting ID: 748 3230 6476
Password: 12345

Siapakan catatan dalam mengikuti perkuliahan ini karena setelah seminar, akan dilanjutkan dengan studi kasus dan job sheet yang harus dikerjakan.

Terima kasih sudah berpartisipasi pada online conference, silahkan download materi ERD.

104 Replies to “Pemodelan Data – ERD”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *