Perkembangan E-Business

Perkuliahan Model Bisnis Digital dimulai dengan pengenalan e-business melalui kisah perkembangan dunia bisnis yang tidak terlepas dari perkembangan dunia teknologi.

Dari apa yang telah dirasa, atau telah dilakukan dalam kegiatan sehari-hari, akan adakah perkembangan sebuah e-business dan menurut prediksi Saudara, perkembangan dibidang apakah yang akan sangat pesat dalam pemafaatan e-business? Deskripsikan penjelasan Anda!

31 Replies to “Perkembangan E-Business”

  1. Pertama-tama, saya mengucapkan terima kasih atas sajian materi yang menarik dan jelas. Jadi, perkembangan terpesat tentunya bidang teknologi. Kita tidak bisa memungkiri saat ini memang eranya teknologi digital. Contohnya kemunculan startup yang semakin hari semakin banyak. Perusahaan rintisan yang masih mencari pasarnya tersebut memanfaatkan teknologi untuk menjalankan bisnisnya. Bidang pertanian juga diprediksi akan berkembang dengan pesat di masa depan. Hidroponik akhir-akhir ini menjadi primadona karena menyajikan cara bertani modern. Dengan adanya teknologi IoT yang mana mempermudah pengecekan tanaman mulai dari nutrisi, suhu, kelembapan, debit aliran air. Bisnis pendidikan mulai melakukan digitalisasi karena keadaan pandemi. Startup yang bergerak dibidang pendidikan menyajikan pelatihan dan bimbingan yang dibutuhkan saat ini. Misalnya saja Dicoding dan Skilvul yang dikenal sebagai platform untuk belajar dunia pemrograman. Selain itu, Pahamify dan Ruangguru juga menjadi primadona anak sekolah karena menyediakan bimbingan belajar online yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja.

  2. Menurut saya Perkembangan game akan sangat cepat berkembang mengingat dengan laju perkembangan game yang semakin kompleks dan fleksibel,serta penggunaan teknologi yang semakin canggih dan menarik yang memungkinkan seseorang bermain secara online atau melakukan sistem jual beli di dalam suatu game ,oleh karena itu dengan melakukan pemanfaatan teknologi yang ada di dalam game maka besar kemungkinan seseorang akan dapat melakukan suatu bisnis dalam game

  3. 2. Menurut yang telah saya rasakan, akan ada perkembangan sebuah e-business dalam kehidupan sehari-hari yaitu di bidang ekonomi. Pada bidang ekonomi sudah banyak kita temui, banyak produk-produk kecantikan, pakaian bahkan sampai benda elektronik dijual melalui media online, seperti pada shopee, tokopedia, lazada, dsb. Jika dibandingkan pada jaman dahulu apabila ingin membeli semacam pakaian, produk kecantikan sampai pakaian harus datang ke toko langsung. Sekarang sudah bisa berbelanja dari rumah, bahkan produk yang kita beli juga diantar sampai ke tempat kita. Dan berbelanja secara online juga saya rasa lebih menyenangkan dan mempermudah Sekarang, kita bisa memilih barang-barang yang sama dengan membandingkan harga-harga yang ada diberbagai toko. Selain lebih menghemat waktu, kita juga bisa menyesuaikan dengan budget yang kita punya.

  4. Menurut saya, perkembangan dibidang teknologi lah yang akan melaju sangat pesat. Seperti integrasi antara pengalaman berbelanja di dunia nyata dan dunia digital memanfaatkan Artificial Intelligence dan Augmented Reality. Teknologi Artificial Intelligence diperkirakan akan semakin banyak digunakan. Mulai dari memberikan rekomendasi produk (dalam e-commerce) yang diinginkan untuk dibeli, meningkatkan produktivitas, hingga untuk mengolah data.
    Bagi perusahaan e-commerce, Artificial Intelligence dapat membantu mengotomatisasi pekerjaan rutin serta mendukung tim marketing dan sales untuk membuat keputusan yang lebih informatif. Selain itu, teknologi Augmented Reality juga dapat memungkinkan customer ‘mencoba’ suatu produk secara online. Hal ini akan membantu customer melihat detail dan ukuran dari produk agar meminimalisir komplein serta dapat meningkatkan konversi penjualan. Beberapa perkembangan teknologi tersebut dapat dimanfaatkan untuk e-business.

  5. Menurut saya, E-Bussines yang akan berkembang pesat adalah Jual beli online, banyak pedagang yang selain membuka dagangannya secara umum di gerai atau menjual dagangan secara umum, mereka membuka dagangannya secara online dan dikarenakan siapapun bisa membuka toko di online shop jadi banyak orang yang menggunakan platfrom tersebut sehingga segala barang bisa dijual di online shop, dengan begitu mereka tidak terbatas dalam memasarkan barangnya dan pembelinya bisa dari manapun, maka dari itu online shop sangat berkembang dan banyak diminati dikarenakan memudahkan pembeli dan penjual, selain itu, memberikan banyak pekerjaan untuk pengantar barang yang sekarang semakin banyak, sehingga pertumbuhan ekonomi masyarakat semakin ikut berkembang juga.

  6. Akan ada perkembangan sebuah pemanfaatan dalam e-business pada masa yang akan datang, karena potensi pasar yang besar, belanja via online sudah menjadi hidup bagi sebagian orang. Selain itu, pertumbuahan e-business didorong oleh akses internet yang semakin cepat. Ini membuat makin banyak orang melakukan kegiatannya secara online, dan penggunaan ponsel pintar semakin banyak. Menurut prediksi saya, bidang yang mengalami perkembangan pada bidang ekonomi atau bisa di sebut dengan ekonomi digital, khususnya online shoop yang akan mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam pemanfaatan e-business. Hal ini mungkin terjadi karena digitalisasi membuat semua transaksi menjadi lebih mudah. Selain itu, prosesnya juga lebih cepat dan lebih praktis jika dibandingkan dengan transaksi konvensional. Mungkin di masa yang akan mendatang toko-toko baju offline akan tiada dan di ganti dengan online shoop semuanya.

  7. Akan ada perkembangan sebuah pemanfaatan dalam e-business pada masa yang akan datang, karena potensi pasar yang besar, belanja via online sudah menjadi hidup bagi sebagian orang. Selain itu, pertumbuahan e-business didorong oleh akses internet yang semakin cepat. Ini membuat makin banyak orang melakukan kegiatannya secara online, dan penggunaan ponsel pintar semakin banyak. Menurut prediksi saya, bidang yang mengalami perkembangan pada bidang ekonomi atau bisa di sebut dengan ekonomi digital, khususnya online shoop yang akan mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam pemanfaatan e-business. Hal ini mungkin terjadi karena digitalisasi membuat semua transaksi menjadi lebih mudah. Selain itu, prosesnya juga lebih cepat dan lebih praktis jika dibandingkan dengan transaksi konvensional. Mungkin di masa yang akan mendatang toko-toko offline akan tiada dan di ganti dengan online shoop semuanya.

  8. 2. Menurut saya, E-Bussines yang akan berkembang pesat adalah Jual beli online, karena jangkauan kepada konsumen lebih luas. Siapapun bisa menjangkau , membuka kapan saja dan dimana saja tanpa harus datang ke tokonya langsung. Online shop juga sangat mudah digunakan serta lebih efiktif untuk berjualan barang yang ingin penjual itu jual serta untuk si konsumen yang ingin membeli suatu barang. Dengan begitu penjual tidak terbatas dalam memasarkan barangnya dan pembelinya bisa dari manapun, maka dari itu online shop sangat berkembang dan banyak diminati dikarenakan memudahkan pembeli dan penjual, selain itu, memberikan banyak pekerjaan untuk pengantar barang yang sekarang semakin banyak, sehingga pertumbuhan ekonomi masyarakat semakin ikut berkembang juga.

  9. 2. Menurut saya, E-Bussines yang akan berkembang pesat adalah Jual beli online, karena jangkauan kepada konsumen lebih luas. Siapapun bisa menjangkau , membuka kapan saja dan dimana saja tanpa harus datang ke tokonya langsung. Online shop juga sangat mudah digunakan serta lebih efiktif untuk berjualan barang yang ingin penjual itu jual serta untuk si konsumen yang ingin membeli suatu barang. Dengan begitu penjual tidak terbatas dalam memasarkan barangnya dan pembelinya bisa dari manapun, maka dari itu online shop sangat berkembang dan banyak diminati dikarenakan memudahkan pembeli dan penjual, selain itu, memberikan banyak pekerjaan untuk pengantar barang yang sekarang semakin banyak, dengan begini kebutuhan ekonomi semakin berkembang.

  10. 2. Menurut saya, E-Bussines yang akan berkembang pesat adalah Jual beli online, karena jangkauan kepada konsumen lebih luas. Siapapun bisa menjangkau , membuka kapan saja dan dimana saja tanpa harus datang ke tokonya langsung. Online shop juga sangat mudah digunakan serta lebih efiktif untuk berjualan barang yang ingin penjual itu jual serta untuk si konsumen yang ingin membeli suatu barang. Dengan begitu penjual tidak terbatas dalam memasarkan barangnya dan pembelinya bisa dari manapun, maka dari itu online shop sangat berkembang dan banyak diminati dikarenakan memudahkan pembeli dan penjual, selain itu, memberikan banyak pekerjaan untuk pengantar barang yang sekarang semakin banyak, dengan begini kebutuhan ekonomi semakin berkembang.

  11. Menurut saya perkembangan e-business dibidang teknologi akan semakin pesat. Dengan menggunakan teknologi yang semakin canggih kegiatan berbisnis akan lebih mudah, fleksibel, efektif, dan minim pengeluaran. Bisa saja dimasa mendatang kurir akan digantikan oleh teknologi robot. Dimasa mendatang penggunakan teknologi dalam berbisnis akan semakin meningkat. Kebutuhan manusia yang serba instan dan praktis akan menjadi target para pebisnis. Pebisnis akan menyediakan sebuah teknologi sesuai kebutuhan manusia. Teknologi tersebut harus punya demand atau kebutuhan yang tinggi. Dengan adanya bisnis yang high demand, tentunya akan lebih banyak diminati masyarakat. Misalnya manusia sekarang senang membeli barang dari rumah sehingga muncullah online shop, kemudian manusia ingin makan cepat saji sehingga muncullah gofood, manusia ingin mengurus administrasi dari rumah muncullah pengurusan administrasi online melalui aplikasi atau website. Memang sekarang sebagian sudah dilakukan secara online, namun dimasa mendatang penerapan online dan elektronik akan digunakan lebih masif tanpa memandang usia.

  12. Menurut saya, bidang yang akan berkembang pesat adalah bidang ekonomi, namun di kombinasikan dengan e-business, dimana saat ini pun baik muda ataupun tua, mampu melakukan sebuah usaha, di era disrupsi akan ada banyak teknologi yang nantinya akan terus dibangun untuk keperluan dan keinginan manusia agar pencapaian target serta tujuan terpenuhi, dengan hal tersebut dalam kalangan masyarakat akan mau tidak mau diharuskan dan dihadapkan kedalam bentuk penyesuaian teknologi yang ada agar ikut berkembang. Sehingga saya simpulkan peningkatan bidang kewirausahaan secara e-business akan terus berjalan dan berkembang secara pesat, termasuk dalam bidang saham atau investasi karena pekerjaan dengan perusahaan akan semakin lama tergantikan oleh teknologi yang dirasa lebih efektif dan efisien, sehingga manusia pun juga harus dapat bersaing ataupun mampu dengan teknologi yang ada di era disrupsi ini, agar tidak tergilas dengan adanya revolusi industri yang secara bertahap akan terus berkembang juga.

  13. Pemikiran terbuka dengan perubahan yang ada adalah hal yang sangat penting untuk terus bertahan dan berkembang dalam era saat ini. Kita juga harus lebih aktif dan kreatif tentang apa saja yang di butuhkan konsumen saat ini dan masa yang akan datang.

  14. Tentu pasti ada, perkembangan e-business di masa sekarang sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat, banyak masyarakat yang sudah menikmati adanya e-business. Adanya e-business pastinya akan mengalami pembaruan seiring berjalannya waktu dikarenakan teknologi yang digunakan juga mengalami pembaruan.
    Untuk perkembangan e-business sendiri terdapat beberapa jenis seperti jual beli, transportasi dan masih banyak lagi. Menurut saya dalam bidang e-business perkembangan yang sangat pesat dalam pemanfaatan e-business yaitu jual beli. Banyak sekali sistem informasi ataupun aplikasi yang sudah menggunakan layanan e-business untuk memulai sebuah bisnis dan masyarakat pun menerima dengan positif dengan adanya e-business tersebut. Contoh e-business di bidang jual beli adalah Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain-lain.

  15. Tentu pasti ada, perkembangan e-business di masa sekarang sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat, banyak masyarakat yang sudah menikmati adanya e-business. Adanya e-business pastinya akan mengalami pembaruan seiring berjalannya waktu dikarenakan teknologi yang digunakan juga mengalami pembaruan.
    Untuk perkembangan e-business sendiri terdapat beberapa jenis seperti jual beli, transportasi dan masih banyak lagi. Menurut saya dalam bidang e-business perkembangan yang sangat pesat dalam pemanfaatan e-business yaitu jual beli. Banyak sekali sistem informasi ataupun aplikasi yang sudah menggunakan layanan e-business untuk memulai sebuah bisnis dan masyarakat pun menerima dengan positif dengan adanya e-business tersebut. Contoh e-business di bidang jual beli adalah Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain-lain.

  16. Perkembangan yang mulai pesata saat ini yaitu perkembangan Ekonomi, dengan adanya e-business semakin mempercepat perkembangan perekonomian, perkembangan prekonomian saat ini tidak hanya di dominasi oleh perusahaan besar saja tetapi juga dari kalangan masyarakat umum. Masyarakat dibantu platform yang sudah banyak muncul saat ini, dengan platform itu masyarakat dapat memulai usaha dan membuat toko online sendiri, sehingga perekonomian bisa naik pesat. di era saat ini banyak bisnis baru yang muncul, meski bisnis lama hilang tetapi beberapa yang bertahan dan mengikuti perkembangan, misalnya bisnis warung makan yang sekarang tidak hanya di kunjungi pelanggan tetapi, bisa mengantarkan makanan, dengan di bantu oleh platfom yang baru, selain itu pada era ini tidak hanya menggunakan uang tunai, tetai menggunakan e-money yang mempermudah pelanggan untuk membayar.

  17. 2. Menurut saya, perkembangan yang pesat akan terjadi pada bidang teknologi, khususnya game. Para perusahaan pembuat konsol game telah berusaha semaksimal mungkin untuk membuat konsol game terbaik. Dengan membuat konsol game terbaik, developer game juga akan membuat sebuah game yang dapat memanfaatkan teknologi baru di dalam konsol dengan maksimal. Terlebih lagi pada bidang pemasaran, telah banyak situs – situs untuk jual beli game. Bahkan perusahaan pembuat konsol sampai membuat toko sendri (official). Selain itu, juga beberapa game online yang memungkinkan pemain untuk bertransaksi di dalam game. Dengan demikian, perusahaan pembuat konsol akan berlomba – lomba untuk membuat konsol terbaik, diikuti oleh developer game yang akan membuat inovasi baru dalam dunia game.

  18. Menurut saya e-business yang akan berkembang yaitu dibidang kesehatan. Mengapa? Tahun ini kita diberi suatu cobaan yaitu pandemi, yang membuat hampir seluruh sektor bisnis runtuh, dan membuat masyarakat sadar untuk lebih mengutamakan kesehatan mereka.

    Karena pandemi, banyak orang yang ketika sakit tidak ingin mendiagnosis penyakitnya ke Rumah sakit karena takut jika terkena virus kemudian karantina, maka dari peristiwa ini menurut saya akan ada suatu platform dimana tenaga kesehatan tidak lagi harus mendiagnosis pasien secara langsung tapi hanya melalui online, tentu ada dampak positif dan negatif nya. Tetapi jika terus menerus dilakukan evaluasi, saya yakin keakuratan tenaga kesahatan dalam mendiagnosis pasien secara online bisa meningkat, karena juga dibantu oleh teknologi-teknlogi baru yang akan muncul.

    Selain itu, bisnis dibidang kesehatan seperti klink, apotek, psikiater pastinya akan sangat dibutuhkan disaat seperti ini, maka dari itu saya yakin e-business di bidang kesehatan akan berkembang pesat.

  19. Menurut saya e-business yang akan berkembang yaitu dibidang kesehatan. Mengapa? Tahun ini kita diberi suatu cobaan yaitu pandemi, yang membuat hampir seluruh sektor bisnis runtuh, dan membuat masyarakat sadar untuk lebih mengutamakan kesehatan mereka..

    Karena pandemi, banyak orang yang ketika sakit tidak ingin mendiagnosis penyakitnya ke Rumah sakit karena takut jika terkena virus kemudian karantina, maka dari peristiwa ini menurut saya akan ada suatu platform dimana tenaga kesehatan tidak lagi harus mendiagnosis pasien secara langsung tapi hanya melalui online, tentu ada dampak positif dan negatif nya. Tetapi jika terus menerus dilakukan evaluasi, saya yakin keakuratan tenaga kesahatan dalam mendiagnosis pasien secara online bisa meningkat, karena juga dibantu oleh teknologi-teknlogi baru yang akan muncul.

    Selain itu, bisnis dibidang kesehatan seperti klink, apotek, psikiater pastinya akan sangat dibutuhkan disaat seperti ini, maka dari itu saya yakin e-business di bidang kesehatan akan berkembang pesat.

  20. Mungkin dari pendapat saya pribadi perkembangan yang sangat pesat dalam pemanfaatan e-business adalah di sektor ekonomi atau perdagangan. Hal ini didasari dengan menaikkan traffic belanja online di era pandemi seperti ini, hal ini tidak menutup kemungkinan akan semakin naiknya traffic ini membuat berubahnya gaya hidup masyarakat akibat pandemi ini. Dimana diajurkan untuk tetap di dalam rumah sehingga banyak masyarakat melakukan transaksi secara online. Perkembangan ini juga didukung dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat juga sehingga pemanfaatan e-business bisa menunjang kehidupan sehari-hari dikarenakan mudahnya akses dengan teknologi yang sudah modern dan mobile yang dapat dibawa dan diakses dimana saja. Dari adanya pemanfaatan teknologi e-business ini maka masyarakat dengan mudah belanja kebutuhan mereka dan juga dapat membandingkan harga dari toko-toko yang lain. Dan juga beberapa promo besar-besaran yang membuat minat masyarakat untuk belanja secara online. Hal ini yang mendasari perkembangan traffic yang sangat cepat dalam pemanfaatan e-business.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *