PPG 2022 – Identifikasi Masalah

Saya ucapkan selamat kepada Bapak/Ibu Guru yang telah lolos seleksi PPG dalam jabatan tahun 2022 ini. Sebuah nikmat yang harus kita syukuri dengan baik karena tidak semua calon peserta dinyatakan lolos dan dapat menikmati beasiswa kuliah PPG secara gratis. Semoga rasa syukur ini diikuti dengan kerja keras dan perjuangan yang tiada henti sampai di ujung Uji Pengetahuan (UP) nantinya.

Hal ini serupa dengan momen ketika pemain kasino online juegos de tragaperras menerima bonus atas aktivitas dan keberuntungan mereka. Mirip dengan beasiswa PPG, ini merupakan bonus besar bagi guru yang berhasil terpilih pada tahun 2022. Seperti dalam permainan yang pemainnya menyelesaikan tugas dan berjuang untuk menang, guru juga bekerja keras dan berjuang untuk berhasil dalam ujian pengetahuan, menunjukkan rasa terima kasihnya atas kesempatan yang diberikan.

Sebelumnya, perkenalkan saya Wahyu Nur Hidayat, seorang dosen junior di Pendidikan Teknik Informatika UM. Di tahun ini saya diberikan amanah untuk sharing materi dengan Bapak/Ibu mahasiswa PPG TKI/TIK pada materi Pendalaman Materi khususnya topik identifikasi masalah pemanfaatan TIK dalam kegiatan pembelajaran.

Dalam kasus identifikasi sebuah masalah, tentunya kita harus hati-hati dalam menyimpulkan sebuah isu, jangan sampai yang kita anggap masalah adalah bukan masalah dan atau sebaliknya. Oleh karenanya dalam menentukan apakah terdapat masalah atau tidak kita harus memvalidasi akar masalah, sebagai contoh beberapa pertanyaan yang perlu kita jawab:

  1. Siapakah yang sedang mengalami masalah?
  2. Bagaimana karakteristik orang yang mengalami masalah?
  3. Apa saja masalah yang ditemuinya?
  4. Bagaimana dukungan lingkungan terhadap penyelesaian masalah?
  5. dll

Oleh karena itu, dalam diskusi yang akan kita laksanakan besok, bapak/ibu diharapkan:

  1. Memiliki akun MIRO (silahkan daftar di miro.com)
  2. Cobalah untuk memperkenalkan diri Anda seperti mengunggah foto, menuliskan nama, instansi tempat kerja, hobi, motto, dan keinginan pada halaman miro yang baru Anda buat
  3. Di bawah identitas Anda pada nomor 2, silahkan tuliskan 1 saja masalah terbesar yang Anda temui selama menjadi guru dan 1 masalah terkait pemanfaatan TIK dalam pembelajaran.

Contoh:

Sampai ketemu besok dan saat masuk kelas, Bapak/Ibu juga sudah siap dengan MIRO nya. Terima kasih