Tutorial Membuat Virtual Reality dengan Unity

Pernahkah Anda membayangkan pergi ke Planet Mars, melihat kondisi kutub utara, atau mengendarai pesawat jet dan berkeliling ke beberapa tempat bersama artis ternama? Jika semua itu hanyalah impian bagi Anda, maka melalui teknologi Virtual Reality, setidaknya impian Anda itu bisa menjadi kenyataan. Anda mungkin dapat melakukan semuanya tanpa harus meninggalkan rumah atau bepergian keluar. Tidak seperti real realityVirtual Reality berarti mensimulasikan sebagian kecil dunia kita (atau dunia yang sepenuhnya imajinasi) menggunakan komputer/smartphone dan peralatan sensor, seperti headset dan sarung tangan.

Materi Pengenalan tentang Virtual Reality dapat Anda download pada link di bawah ini. Pengenalan VR membahas tentang tiga hal yaitu Pengenalan VR, Virtual Reality SDK, dan Konsep Dasar Google VR.

Download Materi Pengenalan VR

akan kita bahas di artikel lainnya, sehingga pada artikel kali ini saya akan membagikan tutorial mengembangan virtual reality sederhana dengan Unity dan Google VR SDK.

Tugas

Buat makalah tentang Virtual Reality disertai ide implementasi di bidang pendidikan kejuruan. Sertakan rujukan yang relevan dengan minimal merujuk pada 5 jurnal internasional (Deadline: 23 April 2020 dan dikumpulkan melalui grup trello).

21 Replies to “Tutorial Membuat Virtual Reality dengan Unity”

  1. Virtual Reality untuk Simulasi dan Imajinasi Bidang Geometri Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar (Afit Sulton Adisty : 170533628615)

  2. Ide pengimplementasian Virtual Reality di bidang pendidikan kejuruan menurut saya ada banyak sekali, hanya saja belum ditelaah / dikembangkan dengan baik bagaimana “menggabungkan” dan “menerapkan” ide-ide yang ada dengan teknologi Virtual Reality

  3. Penerapan Virtual Reality Labirin Pintar dalam Jurusan Teknik Komputer Jaringan
    Hilga Damayanti-170533628601

  4. ide : pengembangan bahan ajar mobile learning pada mata pelajaran Perbaikan Komputer berbasis Augmented Reality

  5. Ide Implementasi VR dalam pendidikan
    1.Virtual Junggle, hutan virtual yang berisi aneka tumbuhan dan jamur yang dapat menampilkan spesifikasi dari tumbuhan tersebut sehingga menjadi sumber belajar yang mudah untuk anak SMA khususnya di dalam bidang biologi karena akan mempermudah visualisasi dari banyak tumbuhan yang mungkin semakin lama akan semakin menghilang atau susah di temukan.

    2. Physic Virtual Laboratory, sebuah lab fisika virtual dimana di dalamnya terdapat pembelajaran tenteng fisika classic maupun fisika moderen, virtual lab ini akan mempermudah visualisasi konsep fisika yang cukup rumit ketika di praktikan di kelas atau hanya dengan gambar, di dalam lab ini siswa dapat berinteraksi dengan environment lab seperti menerapkan pergerakan mobil, kubus, bola, dll untuk penerapan ilmu hukum newton 1 2 3, dll.

    3. Chemical Virtual Laboratory, sebuah lab kimia virtual dimana didalamnya terdapat pembelajaran tentang kimia dasar, di dalam lab ini siswa dapat melakukan percobahaan pencampuran bahan dan mengamati perubahan reaksinya sebagai implementasi dari ilmu teori yang telah mereka pelajari, manfaat dari virtual lab ini adalah menciptakan tempat percobaan kimia dasar yang ramah lingkungan, tidak membahayakan, dan murah. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh banyaknya limbah kimia yang dibuang sembarangan, terkadang ada percobaan kimia yang gagal karena kecerobohan menggunakan zat yang berbahaya dan mudah meledak seperti sodium dengan air, dan mahal dan susah mendapatkan zat kimia percobaan untuk siswa praktikum sendiri.

  6. Penerapan Virtual Reality Labirin Pintar dalam Jurusan Teknik Komputer Jaringan

    Luthfiah Setya Pratiwi (170533628502)
    PTI B 2017

  7. Feisal Nugraha(170533628542) PTIA hadir pak

    ide saya yaitu virtual lab pak, membuat lab virtual dengan beberapa objek yang bisa diinteraksi agar meningkatkan minat siswa. virtual lab itu sediri mungkin bisa diterapkan untuk lab biologi atau lab komputer, yang biasanya objek di lab tersebut lebih sering diinteraksi oleh pengguna.

  8. Implementasi Virtual Reality pada bidang pendidikan dapat digunakan pada mata pelajaran yang memerlukan visualisasi yang kompleks dan dengan format 360 derajat. VR dapat digunakan untuk memvisualisasikan materi yang sulit dilakukan seperti percobaan atau eksperimen berbahaya pada pembelajaran kimia atau fisika, pembelajaran di luar angkasa pada mata pelajaran IPA dan lain lain.

    Virtual reality berbasis 3D interactive dapat membantu siswa untuk menjelajahi ‘dunia lain’ atau tempat lain, tetapi juga mengalami langsung bermacam kegiatan tanpa risiko. VR juga dapat digunakan sebagai alat simulasi pada bidang pendidikan. Contohnya yaitu simulasi merakit komputer berbasis VR, simulasi operasi bedah berbasis vr, dan lain-lain

  9. Lucky Reza Alfikar Rahmadani Januar (179533628572)
    Dalam bidang pendidikan secara luas, VR bisa dipakai pembelajaran materi sejarah atau IPS, khususnya untuk mereka ulang kejadian sejarah, semisal mereka ulang proses proklamasi kemerdekaan, lalu mereka ulang proses perumusan piagam jakarta (jakarta charter), dsb.

  10. media pembelajaran augmented reality untuk mengenal hewan-hewan prasejarah seperti dinosaurus untuk pembelajaran anak sekolah dasar dan edukasi yang di tempatkan di dalam museum purba di tempat wisata. dengan adanya media ini akan memperjelas gambaran anak atau penngguna media untuk mengenal lebih jelas bentuk dan ukuran hewan tersebut di mana saja dan kapan saja.

  11. Absen :
    Muchammad Ryan Pratama
    170533628556

    Judul Makalah
    Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Dalam Perakitan Komputer

  12. Assalamualaikum pak, saya dengan kelompok saya yaitu M. Ryan akan membuat “Virtual Reality sebagai media pembelajaran perakitan komputer” yang sebelumnya dengan tugas ar dengan tema yang sama tentang perakitan pc.

  13. Assalaamu`alaikum wr.wb
    Permisi pak
    Terkait Tugas yang bapak berikan, saya ingin mengimplementasikan ide saya tentang VR dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis VR pada mata pelajaran Desain Multimedia

  14. “Penerapan Virtual Tour pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang”

    Ahmad Jalu Alfata (170533628599)

  15. Ide :
    Pembelajaran K3LH Berbasis Virtual Reality

    Jadi Pada penerapan VR ini diharapkan menjelaskan pentingnya K3LH baik penjelasan dari alat” serta fungsi nya.

    Brian Sandi Ivanov
    170533628627

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *