Pasar

Materi kedua pada matakuliah e-business adalah pengenalan aneka pasar dan segmentasi pasar. Hal ini merupakan pemahaman dasar dari sebuah bisnis untuk dapat memetakan sasaran pasar agar proses bisnis bisa berjalan efektif dan efisien.

Di akhir materi ini, silahkan berikan komentar terkait pentingnya pemilihan segmentasi pasar dalam pengembangan sebuah usaha! Sertakan rujukan yang mendukung.

75 Replies to “Pasar”

  1. Kasali (1998) berpendapat bahwa segmentasi merupakan proses mengelompokkan pasar yang heterogen kedalam satu kelompok yang memiliki karakteristik dan kebutuhan yang sama.
    Pemilihan segmentasi pasar yang ingin dituju dalam pengembangan sebuah usaha merupakan hal yang krusial karena dengan adanya segmentasi pasar maka produsen dapat lebih mudah untuk memetakan produk dan memprediksi calon pembeli yang memiliki karakteristik dan kebutuhan yang sesuai dengan visi misi produk.

    Sumber:
    – Bella A., Segmentasi Pasar, (Online), (https://pakdosen.co.id/segmentasi-pasar/), diakses 22 Februari 2021
    – Kasali, Renald. 1998. Membidik Pasar Indonesia,
    Segmentasi Targeting dan Positioning. Jakarta:
    PT Gramedia Pustaka Utama

  2. PTI C 19 (NAFIATUL RISA)
    Segmentasi pasar merupakan strategi sebuah perusahaan untuk mengenal kebutuhan dan keinginan konsumen di suatu pasar yang menciptakan produk yang sesuai denan keinginan dan kebutuhan konsumen.
    Pemilihan segmentasi pasar dalam pengembangan sebuah usaha sangat penting, hal ini dilakukan demi meningkatkan efektivitas strategi pemasaran yang tekah dirancang oleh suatu perusahaan serta agar sumber daya perusahaan dapat terpakai dengan efektif dan efisien. Segmentasi pasar dilakukan agar produsen dapat fokus pada pemasaran produk dan pelayanan pelanggan.
    Sumber :
    Ramadhani, Niko. 2020. Kenapa Segmentasi Pasar Penting untuk Bisnis?, (Online), (https://www.akseleran.co.id/blog/segmentasi-pasar/), diakses 22 Februari 2021
    Anitasari, Nuraini. 2017. Memahami Pentingnya Segmentasi Pasar Pada Perusahaan. (Online). (https://zahiraccounting.com/id/blog/segmentasi-pasar-pada-perusahaan/), diakses 22 Februari 2021

  3. Fokus pada pembagian segmentasi geografi. Segmentasi geografis digunakan untuk mengklasifikasikan pasar berdasarkan lokasi yang akan mempengaruhi biaya operasional dan jumlah permintaan secara berbeda. Dalam segmentasi geografi, pasar dibagi menjadi unit geografis, seperti: negara, provinsi, kota atau lingkungan. Segmentasi pasar ini dilakukan dengan mengelompokkan konsumen menjadi bagian pasar menurut skala wilayah atau letak geografis yang dapat dibedakan berdasarkan :
    Wilayah, dimana segmen pasar yang berupa pasar lokal, pasar regional, pasar nasional, dan pasar luar negeri atau ekspor. Adapun segmentasi geografis pada Kota atau Desa, dimana daya konsumtif dan daya beli yang berbeda. Jika kota membutuhkan hasil dari pertanian, maka sebaliknya desa membutuhkan hasil dari industri diperkotaan. Masing-masing pasar berdasarkan wilayah ini berbeda-beda potensi dan cara menanganinya.
    Iklim, dimana segmen pasar yang berupa pasar daerah pegunungan dan dataran tinggi serta pasar daerah pantai dan dataran rendah. Masing-masing pasar berdasarkan iklim ini berbeda kebutuhan, keinginan, dan preferensinya

    Sumber :
    Dharmayanti, Diah. Market Segmentation, Targeting, dan Brand Positioning dari Winston Premier Surabaya (online). (https://media.neliti.com/media/publications/140125-ID-market-segmentation-targeting-dan-brand.pdf), diakses 22 Februari 2021 14.28 WIB

  4. Perusahaan tidak dapat berhubungan dengan semua pelanggannya di pasar yang besar, luas, atau beragam. Tetapi mereka dapat membagi pasar seperti itu menjadi kelompok konsumen atau segmen dengan kebutuhan dan keinginan berbeda. Kemudian perusahaan harus mengidentifikasi segmen pasar mana yang dapat dilayani dengan efektif.
    Hal ini memerlukan pemahaman mendalam tentang perilaku konsumen dan pemikiran strategis yang seksama. Untuk mengembangkan rencana pemasaran terbaik, manajer harus memahami apa yang membuat setiap segmen unik dan berbeda. Untuk bersaing secara lebih efektif, sekarang banyak perusahaan menerapkan pemasaran sasaran. Perusahaan tidak memancarkan usaha pemasaran mereka, tetapi memfokuskan diri pada konsumen yang mempunyai perluang terbesar untuk mereka puaskan.

  5. Menurut Gary Amstrong
    Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi pasar yang luas menjadi terpetak-petak sesuai kebutuhan dan karakteristik konsumen. Tujuannya ialah supaya perusahaan bisa melahirkan produk yang memang dibutuhkan oleh mereka.

    Segmentasi pasar sendiri berarti mempersatukan seluruh konsumen yang tertarget secara luas, menjadi lebih heterogen. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan efektifitas pemasaran sekaligus pemanfaatan sumber daya produksi.

    Manfaat segmentasi pasar:
    1.Gagasan pemasaran lebih jelas
    2.Lebih mudah mengatur produk
    3.Meningkatkan daya saing produk
    Dengan adanya segmentasi pasar pengembangan usaha dapat terencana dengan baik
    sumber:
    https://www.akseleran.co.id/blog/segmentasi-pasar/
    https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-segmentasi-pasar/
    Kosasi, S. (2016). Perancangan Sistem Informasi Pemasaran Online untuk Memperluas Segmentasi Pasar Properti. Jurnal VOI (Voice Of Informatics), 5(2).

  6. Kotler (1997) mendefinisikan segmentasi pasar merupakan suatu proses untuk membagi pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang lebih homogen, dari tiap kelompok konsumen dapat dipilih sebagai target pasar untuk dicapai perusahaan dengan strategi bauranpemasarannya. Berdasarkan definisi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan dilakukannya segmentasi pasar, perusahaan dapat memiliki gambaran yang lebiih jelas mengenai kebutuhan dan minat pasar sehingga dapat memproduksi barang/jasa dengan lebih efisien dari segi waktu dan biaya karena sesuai dengan permintaan pasar.

    Sumber reverensi :
    Kotler, Philip, 1997, Marketing 1, Penerbit Erlangga, Jakarta.

  7. Dengan adanya segmentasi, maka para pebisnis dapat mengenal target konsumen secara lebih mudah. Karena lebih mengenal pasar, maka para pebisnis akan lebih fokus dalam merancang strategi pemasaran, termasuk menentukan media komunikasi yang sesuai dengan segmentasinya. Selain itu, para pebisnis juga dapat lebih mudah dalam mempersonalisasi usaha pemasaran agar lebih sesuai dengan masing-masing segmentasi. Segmentasi tersebut juga dapat memecahkan satu masalah utama dalam pemasaran, yaitu untuk menciptakan lebih banyak konversi. Konversi pada dasarnya adalah ketika audience pemasaran melakukan sesuatu sesuai call-to-action yang ditawarkan.
    Rujukan: https://www.jurnal.id/id/blog/pengaruh-segmentasi-pasar-terhadap-bisnis/

  8. segmentasi dapat mempermudah produsen dalam mensurvei kebutuhan konsumen dan tren yang sedang terjadi, produsen juga dapat lebih efisien dalam penggunaan sumberdayanya. segmentasi yang mengelompokan terget konsumen dari beberapa aspek juga dapat mempermudah produsen dalam fokus pemasaran, terutama produsen yang memiliki “anak perusahaan” mereka dapat memfokuskan setiap satu anak perusahaan ke satu kelompok target.

    rujukan : https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/segmentasi-pasar/

  9. Menurut saya pentingnya suatu perusahaan melakukan segmentasi pasar salah satunya yaitu demi meningkatkan efektivitas strategi pemasaran yang telah di rencanakan, dan juga agar lebih terarah serta sumber daya pada perusahaan juga bisa dipakai secara efisien dan efektif. Segmentasi yang di tujukan sebagai strategi dalam peningkatan pemasaran tentu akan memberikan berbagai keuntungan baik bagi pelaku bisnisnya maupun konsumennya, misalnya seperti: Dapat memberikan pelayanan sesuai kebutuhan serta keinginan konsumen dengan lebih baik, supaya pendapatan meningkat, memudahkan fokus pemasaran, komunikasi jadi lebih tertarget, meningkatkan daya saing produk, lebih mudah dalam mengevaluasi target dan rencana bisnis.

    Rujukan:
    Anitasari, N., Memahami Pentingnya Segmentasi Pasar Pada Perusahaan
    , (Online), (https://zahiraccounting.com/id/blog/segmentasi-pasar-pada-perusahaan/#:~:text=Manfaat%20Segmentasi%20Pasar,dipakai%20secara%20efisien%20dan%20efektif.) , diakses 23 Februari 2021

  10. Segmentasi merupakan unsur pertama strategi. Menurut Hermawan Kartajaya dkk dalam bukunya Rethinking marketing segmentasi berarti “melihat pasar secara kreatif”. Segmentasi adalah seni mengidentifikasikan serta memanfaatkan peluang-peluang yang muncul di pasar. Demi meningkatkan efektivitas strategi pemasaran yang telah di rencanakan, dan juga agar lebih terarah serta sumber daya pada perusahaan juga bisa dipakai secara efisien dan efektif. Pentingnya segmentasi bagi perusahaan disebabkan antara lain :
    – karena segmentasi memungkinkan perusahaan lebih terfokus dalam mengalokasi sumber daya.
    – Dengan segmentasi akan menentukan strategi, taktik dan value
    – Segmentasi merupakan faktor kunci untuk mengalahkan pesaing,
    Rujukan : http://web-suplemen.ut.ac.id/ekma4216/ekma4216a/modul_3.htm

  11. Segmentasi pasar berpengaruh besar terhadap pemasaran produk suatu perusahaan. Semakin akurat segmentasi pasar suatu perusahaan, semakin besar keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan. Pelaksanaan segmentasi pasar membutuhkan beberapa proses dan tahapan yang urut dan harus dilakukan dengan maksimal agar mencapai target yang diinginkan.

    Alasan mengapa segmentasi pasar penting agar perusahaan mampu memasarkan produk tepat sasaran. Jika perusahaan melakukan segmentasi pasar dengan efektif, secara tidak langsung perusahaan turut meningkatkan efektivitas pemasaran dan juga efisiensi sumber daya perusahaan. Sehingga pendapatan perusahaan juga semakin meningkat.

    Sumber :
    Segmentasi Pasar: Pentingkah dalam Perusahaan? – Blog LinovHR. (n.d.). Retrieved February 24, 2021, from https://www.linovhr.com/segmentasi-pasar/

  12. Menurut Gary Amstrong, Segmentasi pasar merupakan kegiatan membagi pasar yang luas menjadi terpetak-petak sesuai kebutuhan dan karakteristik konsumen. Dan tujuannya adalah agar perusahaan dapat menghasilkan produk yang memang dibutuhkan oleh mereka. Menurut saya, pemilihan segmentasi pasar dalam pengembangan sebuah usaha sangat penting karena bermanfaat untuk lebih memudahkan fokus dari perusahaan. Apabila perusahaan sudah menetapkan segmen pasar yang jelas, maka pelaksanaan strategi pemasaran juga dapat berjalan secara efektif dan efisien, kemudian perusahaan tinggal mengeksekusi strategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan segmen pasar. Segmen pasar juga dapat meningkatkan daya saing produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Saat perusahaan tidak memiliki segmen pasar yang spesifik, daya saing produk yang dihasilkan akan sangat rendah, tingkat persaingan akan sangat tinggi akibatnya penjualan produk tidak terlalu memuaskan. Maka dari itu, dengan mempelajari berbagai hal pada segmen pasar, perusahaan bisa lebih meningkatkan daya saing dari produk sehingga produk barang atau jasa yang ditawarkan dapat sesuai dengan kebutuhan para pelanggan.

    Rujukan :
    Ramadhani, Niko. 2020. Kenapa Segmentasi Pasar Penting Untuk Bisnis. (Online). https://www.akseleran.co.id/blog/segmentasi-pasar/, diakses pada 24 Februari 2021

    Priharto, Sugi. 2020. Pengertian Segmentasi Pasar, Syarat, Manfaat, Prosedur Dan Jenisnya Dalam Bisnis. (Online). https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-segmentasi-pasar/#:~:text=Segmentasi%20pasar%20adalah%20sebuah%20sistem,karakteristik%20dan%20kebutuhan%20yang%20sama, diakses pada 24 Februari 2021

  13. PTI A 2019 – ANDRIAN RACHMAT
    beberapa manfaat segmentasi pasar adalah :
    a. Gagasan pemasaran lebih jelas
    Dengan jelasnya gagasan pemasaran, sebelum mensuplai barang perusahaan sudah memiliki data konsumen yang akan membeli produk mereka

    b. Lebih mudah mengatur produk
    Dengan mengatur produk, sasaran konsumen dari produk sudah ada, pihak perusahaan tinggal memasarkannya saja.

    c. Menemukan perbandingan antar pasar
    Perusahaan bisa melakukan perbandingan antar pasar dengan pengelompokan konsumen. Nanti akan muncul hasil perbandingan mana yang lebih banyak membeli produk dan yang tidak.

    sehingga dengan adanya segmentasi pasar, perusahaan bisa mendapatkan untung secara maksimal dan memasarkan produk mereka ke target yang tepat. sehingga target yang mereka incar akan membeli produk mereka, serta meminimalisir kerugian karena salah perencanaan/pemasaran

  14. PTI A 2019 – Elok Rosyidatul Khasanah

    Menurut Kasali, Segmentasi pasar ialah proses mengkotak-kotakkan pasar menjadi kelompok-kelompok “potential costumer” yang memiliki kesamaan karakter atau kebutuhan yang sama sehingga cenderung mempunyai respon yang sama dalam membelanjakan uangnya. Pentingnya segmentasi pasar adalah pebisnis dapat mengetahui target konsumen secara lebih mudah. Dengan mengetahui segmentasi pasar yang tepat, pelayanan konsumen dapat ditingkatkan. Selain itu, para pebisnis juga dapat lebih mudah dalam mempersonalisasi usaha pemasaran agar lebih sesuai dengan masing-masing segmentasi. Segmentasi pasar juga dapat meningkatkan daya saing produk. Produk barang atau jasa yang ditawarkan memiliki kesesuaian dengan kebutuhan dan keinginan para pelanggan. Jika perusahaan tidak memiliki segmentasi pasar yang spesifik, maka daya saing produk akan sangat rendah. Oleh karena itu, segmentasi pasar sangat penting dalam pengembangan suatu usaha.

    Maulina, Risha. 2019. Pengaruh Segmentasi Pasar Terhadap Pasar (Online). https://www.jurnal.id/id/blog/pengaruh-segmentasi-pasar-terhadap-bisnis/ , diakses pada 24 Februari 2021)
    Ramadhani, Niko. 2020. Kenapa Segmentasi Pasar Penting untuk Bisnis (Online). https://www.akseleran.co.id/blog/segmentasi-pasar/ , diakses 24 Februari 2021)

  15. Manfaat Segmentasi Pasar dalam Bisinis atau Usaha
    a. Memudahkan fokus pemasaran
    Ketika perusahaan sudah menetapkan segmen pasar yang jelas, maka pelaksanaan strategi pemasaran juga bisa berjalan secara efektif.
    b. Membantu memberi pelayanan sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen
    Segmentasi pasar juga bisa memberi benefit bagi perusahaan dalam menyediakan layanan berkualitas kepada para pelanggan.
    c. Meningkatkan daya saing produk
    Saat perusahaan tak memiliki segmen pasar yang spesifik, daya saing produk bakal sangat rendah.
    d. Kesempatan melakukan ekspansi pasar
    Jika perusahaan melakukan segmentasi pasar lebih awal, kesempatan untuk melakukan ekspansi bakal terbuka sangat lebar. Sebagai contoh, saat perusahaan memilih segmentasi geografis yang dilakukan berdasarkan lokasi. Strategi pemasaran pun dilakukan dengan menyesuaikan karakteristik konsumen di wilayah tertentu.
    e. Komunikasi jadi lebih tertarget
    Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dilakukan dalam upaya memasarkan produk.

    sumber : https://www.akseleran.co.id/blog/segmentasi-pasar/

  16. PTI A 2019_Heny Dwita Ratnasari

    Sojan Assauri (2004:144) menegaskan bahwa segmentasi pasar adalah membagi-bagi pasar menjadi beberapa kelompok pembeli berbeda yang mungkin memerlukan produk atau jasa yang berbeda pula. Pentingnya pemilihan segmentasi pasar ini karena mengingat banyaknya pembeli di dalam suatu pasar dan memiliki keinginan maupun kebutuhan berbeda sehingga menjadi pedoman bagi rancangan strategi pemasaran. Pada dasarnya segmentasi pasar adalah strategi yang didasarkan atas manajemen pemasaran yang didasarkan atas kebutuhan konsumen. Sehingga bila segmentasi pasar dilakukan, maka kegiatan dari pemasaran itu sendiri akan lebih terarah dan sumber daya perusahaan di bidang pemasaran dapat dikelola dengan efektif dan efisien. Selain itu, segmentasi pasar berguna bagi perusahaan untuk memiliki suatu produk istimewa yang dapat memenuhi kebutuhan pasar yang menjadi targetnya.

    Sudrartono, Tiris. 2019. Pengaruh Segmentasi Pasar terhadap Tingkat Penjualan Produk Fashion Usaha Mikro Kecil. Jurnal Ilmiah Manajemen 10(1),55-66. Dari https://media.neliti.com/media/publications/325656-pengaruh-segmentasi-pasar-terhadap-tingk-d6ca2439.pdf

  17. PTI A 2019 – Akhmad Syaiful Anwar

    Setiap perusahaan memiliki produk yang bervariasi dan berbeda dari pesaing bisnisnya. Oleh karena itu perusahaan harus memahami konsumen seperti apa yang membutuhkan produk atau jasa dari perusahaannya agar pemasaran dapat berjalan efektif dan mendapat banyak keuntungan. Sebuah perusahaan akan menyediakan produk atau jasa tergantung keinginan dan kebutuhan dari konsumen dan juga segmen yang dituju.

    Setiap perusahaan pasti juga menginginkan produk yang diproduksi nya dapat laku keras di pasaran. Agar produknya laku dipasaran banyak perusahaan melakukan upaya pemasaran. Namun, banyak perusahaan atau pebisnis yang melakukan upaya pemasaran tapi tidak memperhatikan segmentasi pasar. Hal ini tentu dapat mempengaruhi kelancaran bisnis dari perusahaan tersebut.

    Jadi, segmentasi pasar sangat berpengaruh terhadap pemasaran produk atau jasa dari suatu perusahaan. Semakin tepat segmentasi pasar dari suatu perusahaan maka semakin besar juga keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan tersebut. Kebalikannya jika segmentasi pasar kurang tepat maka perusahaan bisa mengalami kerugian.

    Ramadhani, N. 2020. Kenapa segmentasi pasar penting untuk bisnis ?, (Online), (https://www.akseleran.co.id/blog/segmentasi-pasar/), diakses pada 24 Februari 2021.
    LinovHR. 2020. Segmentasi pasar: pentingkah dalam perusahaan ?, (Online), (https://www.linovhr.com/segmentasi-pasar/), diakses pada 24 Februari 2021.

  18. PTI A 2019 – Anggi Ardhika Argadhinata Putra
    Beberapa Manfaat dari segmentasi pasar untuk perusahaan adalah :
    a. Segmentasi pasar memungkinkan sebuah perusahaan untuk memperoleh dan menerapkan pemasaran secara lebih jelas dan terarah.

    b. Segmentasi pasar juga akan membantu perusahaan di dalam mengatur produk yang diolah sehingga menjadi lebih baik.

    c. Segmentasi pasar membantu pihak perusahaan untuk mengetahui serta membandingkan peluang pasar yang baru.

    d. Segmentasi pasar juga akan membantu menyusun dan menggunakan biaya yang ada dengan lebih efektif dan efisien.

    e. Segmentasi pasar akan membantu perusahaan di dalam menciptakan daya tarik pada bidang pemasaran.

    f. Segmentasi pasar memberikan potensi keuntungan yang lebih kepada pihak perusahaan di pasar.

    rujukan : (https://jagad.id/segmentasi-pasar-pengertian-syarat-tujuan-manfaat-dan-contoh/)

  19. Segmentasi pasar adalah pemetaan konsumen yang memilki karakteristik, daya beli, kebutuhan yang berbeda-beda di dalam situasi market tertentu. Segmentasi pasar sangatlah penting untuk pembangunan suatu usaha, karena dengan segmentasi pasar, pemasar akan lebih jelas untuk menemukan gagasan, lebih mudah untuk mengatur produk, menemukan perbandingan antar pasar, sehingga pemasar dapat memasarkan usahanya tepat pada sasaran
    Rujukan: https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-segmentasi-pasar/

  20. Yang harus diketahui terlebih dahulu ialah apa itu segmentasi pasar? merupakan bagian dari suatu pasar dimana konsumennya berbagi kebutuhan atau keinginan yang sama.
    Kemudian pentingnya segmentasi pasar dalam suatu usaha yaitu dapat meminimalkan resiko, tingkat penerimaan pelanggan lebih tinggi, memfokuskan sumber daya, mendorong inovasi, dan menemukan peluang pasar. Karena dengan segmentasi pasar kita dapat mengidentifikasi perilaku pembelian konsumen seperti pendapatan, gaya hidup, nilai dan lokasi tempat tinggal. Kemudian dapat menyesuaikan dan mengembangkan strategi dalam pemasaran.

    Rujukan : https://cerdasco.com/segmen-pasar/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *