Pasar

Materi kedua pada matakuliah e-business adalah pengenalan aneka pasar dan segmentasi pasar. Hal ini merupakan pemahaman dasar dari sebuah bisnis untuk dapat memetakan sasaran pasar agar proses bisnis bisa berjalan efektif dan efisien.

Di akhir materi ini, silahkan berikan komentar terkait pentingnya pemilihan segmentasi pasar dalam pengembangan sebuah usaha! Sertakan rujukan yang mendukung.

75 Replies to “Pasar”

  1. Menurut hasil penelusuran saya mengenai segmentasi pasar penting dalam mengembangkan usaha adalah agar pelayanan atau kebutuhan yang diinginkan oleh pelanggan dapat dipenuhi dengan baik. Pemilihan segmentasi yang baik juga dapat menentukan strategi yang tepat dalam menarik perhatian pelanggan, bagaimana cara bersaing dengan kompetitor yang lain. Sebagai contoh terdapat usaha jenis pasar konsumsi dimana usaha tersebut melayani pembelian barang/jasa untuk konsumen yang digunakan dalam lingkup pribadi. Dengan pemilihan segmentasi pasar yang tepat yaitu dengan cara menentukan target, mengetahui masalah dan solusi, mencaritahu aktivitas pelanggan, menganalisis data, menyusun strategi pemasaran akan membuat calon pelanggan menilai jika pelayanan yang diberikan sesuai dengan diinginkan, hal tersebut dapat membuat pelanggan tertarik dan membeli.

    Rujukan : https://konsultanku.co.id/blog/mengapa-segmentasi-pasar-penting-dalam-bisnis-

  2. Salah satu alasan utama perusahaan melakukan segmentasi pasar adalah untuk lebih meningkatkan efektivitas dan fokus pada strategi yang direncanakan serta menggunakan sumber daya perusahaan lebih efektif. Sebagai strategi yang bertujuan meningkatkan pemasaran, segmentasi pasar membawa banyak keuntungan bagi pelaku bisnis dan konsumen antara lain :

    1. Menyediakan kebutuhan dan konsumen yang lebih baik
    Perusahaan akan berusaha memenuhi kebutuhan dan harapan konsumennya dan akan fokus melakukan kegiatan promosi sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan. Dengan mengklasifikasi keinginan konsumen, maka perusahaan akan memberikan pelayanan dan ketersediaan produk yang lebih baik, dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

    2. Penghasilan perusahaan akan meningkat
    Principal akan sulit menaikkan harga di seluruh pasar, oleh karena itu mengelompokkan konsumen berdasarkan kemampuan daya beli dan karakteristiknya akan membantu mengetahui pasar dan siapa saja yang berpotensi untuk memberikan pendapatan yang lebih besar bagi perusahaan.

    3. Menciptakan peluang terbesar untuk tumbuh dan berkembang
    Dengan memanfaatkan segmentasi pasar, perusaahan akan mampu menghasilkan produk yang diharapkan dapat menarik konsumen lain yang ingin mencoba dan kemudian membeli produk dari perusahaan.

    Sumber :
    Trainingpemasaransurabaya.com. 2020. Manfaat Segmentasi Pasar. Diakses pada 24 Februari 2021, (online) dari https://www.trainingpemasaransurabaya.com/segmentasi-pada-perusahaan-dan-manfaat-pentingnya-melakukan-segmentasi-pasar-pada-sasaran-konsumen/
    Konsultanku.co.id. 2020. Pentingnya Segmentasi Pasar. Diakses pada 24 Februari 2021, (online) dari https://konsultanku.co.id/blog/mengapa-segmentasi-pasar-penting-dalam-bisnis-

  3. Alasan suatu perusahaan melakukan segmentasi pasar salah satunya yaitu demi meningkatkan efektivitas strategi pemasaran yang telah di rencanakan, dan juga agar lebih terarah serta sumber daya pada perusahaan juga bisa dipakai secara efisien dan efektif. Segmentasi pasar juga bisa memberi benefit bagi perusahaan dalam menyediakan layanan berkualitas kepada para pelanggan. Adanya pembagian segmen pasar membuat perusahaan mampu mengetahui secara lebih baik tingkat kebutuhan dan keinginan para pelanggannya.
    Rujukan : https://www.akseleran.co.id/blog/segmentasi-pasar/

  4. PTI A 2019 (Moch. Angga Julianto)
    Menurut rismiati dan suratno (2001:90) memberikan pengertian segmentasi pasar adalah sebuah usaha pemisahan pasar pada kelompok – kelompok pembeli menurut jenis – jenis produk tertentu dan yang memerlukan bauran pemasaran sendiri (kegiatan membagi – bagi pasar yang bersifat serba heterogen dari suatu produk ke dalam satuan – satuan pasar / segmen pasar yang bersifat homogen).
    Sehingga dari sedikit pengertian tersebut dapat kita tarik kesimpulan bahwasanya segmentasi pasar memiliki banyak keuntungan terutama bagi perusahaan. Perusahaan yang menerapkan hal tersebut dapat membuat kinerja suatu pemasaran menjadi lebih efektif dan efisien karena bisa dibayangkan dengan segmentasi pasar produsen dapat memproduksi dan memasarkan produk dalam jangka waktu yang panjang dengan biaya yang relatif lebih rendah. Selanjutnya dalam hal penyimpanan dan pengangkutan akan lebih efisien karena target telah ditentukan. Selain itu segmentasi pasar juga memberikan keuntungan bagi konsumen yakni akan mendapatkan pelayanan yang lebih baik karena perusahaan lebih memahami kondisi pasar terutama keinginan konsumen pada segmen yang dituju. Dengan pelayanan yang maksimal tentu akan mendorong konsumen untuk terus bertransaksi pada produsen tersebut yang menjadi daya tarik utama selain harga dan kualitas produknya.
    Jadi, segmentasi pasar sangat bermanfaat bagi perusahaan untuk melihat gambaran mengenai target yang akan dituju sehingga semua proses mulai dari produksi hingga pemasaran akan lebih efektif dan tentunya berpotensi menghasilkan profit yang jauh menguntungkan
    Rujukan :
    Aprizal, Hendry. 2012. Analisis Efektifitas Segmentasi Pasar Terhadap Peningkatan Volumen Penjualan Pada PT. Semen Tonasa di Pangkep. (Online). (https://core.ac.uk/download/pdf/25486358.pdf)

  5. PTI A 2019-Anggra Natalia
    Strategi pemasaran yang digunakan harus dikembangkan atas dasar segmentasi pasar (market segmenting) agar strategi pemasaran yang digunakan dapat berjalan efektif dalam menghadapi persaingan, menentukan target/sasaran pasar (market targeting), dan menentukan posisi pasar (market positioning). Segmentasi pasar digunakan untuk melakukan pengelompokan pasar berdasarkan kriteria yang sama, contohnya faktor demografis, sosiologis, atau psikologis yang sama sehingga perusahaan dapat memberikan kepuasan kepada konsumen dari segmen pasar yang dituju atau dilayani.
    Sedangkan penentuan sasaran pasar (market targeting) dimaksudkan agar usaha-usaha pemasaran yang dilakukan akan lebih berhasil dengan memilih kelompok pasar tertentu saja dengan menentukan marketing mix (produk, harga, promosi, dan distribusi) yang dapat memenuhi keinginan dari konsumen.
    Rujukan : Pasigai, M. A. (2009). Pentingnya Konsep Dan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis. Jurnal Ekonomi Balance, 5(1), 51-56.

  6. Sukses tidaknya suatu pasar dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yakni segementasi pasar. Bisa dikatakan segmentasi pasar membawa andil besar dalam suksesnya suatu pasar.

    Menurut Pride And Ferrel
    Segmentasi pasar adalah sebuah sistem untuk membagi pasar menjadi beberapa pelanggan potensial dan tertarget. Terutama untuk konsumen yang memiliki karakteristik dan kebutuhan yang sama.

    Sedangkan menurut Gary Amstrong
    Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi pasar yang luas menjadi terpetak-petak sesuai kebutuhan dan karakteristik konsumen. Tujuannya ialah supaya perusahaan bisa melahirkan produk yang memang dibutuhkan oleh mereka.

    Jadi maksud dan tujuan dari segmentasi pasar ini adalah sebagai berikut :
    1. Pasar lebih mudah dibedakan
    2. Pelayanan kepada pembeli yang lebih baik
    3.Strategi pemasaran yang lebih mengarah

    Sumber:
    https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-segmentasi-pasar
    https://www.portal-ilmu.com/2020/01/pengertian-tujuan-manfaat-dan-syarat_18.html

  7. Setiap pengusaha pasti menginginkan produknya laku keras namun tidak banyak pengusaha yang tau apa itu segmentasi pasar. Banyak pengusaha hanya menawarkan produknya pada semua orang tanpa memiliki segmentasi pasar yang khusus sehingga produk atau jasa yang dia jual tidak mendapatkan respond positif dari pasar. Lalu apa itu segmentasi pasar? Segmentasi pasar adalah salah satu strategi dalam dunia bisnis dengan cara mengelompokkan produk yang dijual sesuai dengan kesamaan, kemiripan, minat dan kebutuhan pelanggan.

    Berikut jenis-jenis sgmentasi pasar:
    a. Segmentasi Lokasi
    Contoh dari segmentasi lokasi adalah ketika target utamanya berada di suatu daerah atau negara contohnya Indonesia maka perusahaan tersebut akan membangun perusahaan tersebut di Indonesia agar dekat dengan konsumen dan pengeluaran biaya bisa lebih murah

    b. Segmentasi Waktu
    Contohny pada jasa fotografi akan laku ketika musim wisuda dengan cara membuka jasanya di dekat kampus yang sedang melaksanakan wisuda. Sehingga akan laku keras.

    c. Segmentasi Harga
    Dengan segmentasi harga maka penjual akan lebih mudah mempertimbangkan harga dari produk yang ia jual. Harga penjualan disesuaikan dengan target konsumen yang dituju.

    d. Segmentasi Demografi
    Faktor jenis kelamin, usia dan penghasilan juga menjadi faktor penting dalam segmentasi pasar. Produk yang kita jual harus sesuai dengan konsumen yang ditargetkan. Contohnya kita membuat produk khusus wanita dewasa maka produk tersebut harus benar-benar memenuhi kebutuhan wanita dewasa yang ingin ditawarkan.

    e. Segmentasi Psikografis
    Segmentasi ini berupa mengamati bagaimana respon konsumen pada tren produk.

    f. Segementasi Sosial-Budaya
    Sebelum menjual produk penjual harus memperhatikan kelas sosial, suku, norma masyarakat dan lingkup pasar dari target penjualan mereka. Produk yang dijual harus sesuai dengan hasi analisis yang dilaksanakan.

    Manfaat melaksanakan segmentasi pasar antara lain memudahkan fokus pemasaran pada produk yang ingin kita jual sehingga pemasaran bisa berjalan dengan efektif, membantu memberi pelayanan sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen, meningkatkan daya saing dari produk yang dijual, dan setelah produk semakin berkembang kesempatan untuk melakukan ekspansi pasar.

    sumber :
    https://www.akseleran.co.id/blog/segmentasi-pasar/
    https://www.jurnal.id/id/blog/cara-mudah-tentukan-segmentasi-pasar/

  8. Alasan suatu perusahaan melakukan segmentasi pasar salah satunya yaitu demi meningkatkan efektivitas strategi pemasaran yang telah di rencanakan, dan juga agar lebih terarah serta sumber daya pada perusahaan juga bisa dipakai secara efisien dan efektif
    Ketika perusahaan sudah menetapkan segmen pasar yang jelas, maka pelaksanaan strategi pemasaran juga bisa berjalan secara efektif. Selanjutnya, perusahaan tinggal mengeksekusi strategi pemasaran yang sesuai dengan segmen pasar. Selain mampu meminimalkan pemborosan dalam pengeluaran biaya pemasaran, hal ini juga bisa berdampak pada peningkatan return of investment (ROI).
    Selain itu juga segmentasi pasar akan membantu memberi pelayanan sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen,Meningkatkan daya saing produk,Kesempatan melakukan ekspansi pasar, dan juga dapat membuat Komunikasi jadi lebih tertarget
    Sumber : https://www.akseleran.co.id/blog/segmentasi-pasar/

  9. Kunci sukses kemajuan dan keberhasilan sebuah perusahaan dalam hubunganya dengan konsumen, merupakan kesuksesan bidang pemasaran dalam memasarkan produknya, keberhasilan memasarkan ini bisa terwujud karena mengetahui segmentasi pasar
    Segmentasi pasar ini penting karena bermanfaat dalam perusahaan seperti : Mampu menerapkan gagasan pemasaran dengan lebih jelas, karena tahu siapa target yang dituju, Bisa mengatur produk dengan lebih baik, Mampu menemukan dan membandingkan kesempatan pasar, Mengatur anggaran perusahaan dengan tepat, Menciptakan daya tarik dalam pemasaran dan Membuat perusahaan dalam posisi yang baik

    rujukan :
    https://www.youtube.com/watch?v=2vTIywp6my0&t=121s

  10. Pemilihan segmentasi pasar dalam pengembangan sebuah usaha bagi suatu perusahaan merupakan hal yang sangat penting dikarenakan dapat memudahkan fokus pemasaran Sehingga, pelaksanaan strategi pemasaran dapat berjalan secara efektif. Selain itu, juga dapat meminimalkan pengeluaran biaya pemasaran karena segmen pasar yang dituju sudah jelas. Perusahaan diprediksi dapat berjalan efektif dan berhasil bertahan di segala medan perubahan zaman akan berdampak pada peningkatan return of investment (ROI)

    Segmentasi pasar yang dipiilih dengan benar akan memberikan dampak positif pula kepada konsumen. Yaitu konsumen bisa mendapatkan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Sehingga konsumen menjadi loyal dan senang berlangganan pada perusahaan tersebut.

    Selanjutnya, dengan memilih segmen pasar yang tepat akan lebih banyak produk yang bersaing. Hal ini akan memicu perusahaan bisa lebih meningkatkan kelebihan produk masing-masing dengan memperhitungkan kebutuhan dan keinginan konsumen. Dengan adanya persaingan semakin seringnya setiap perusahaan melakukan evaluasi produk dan peningkatan kualitas produk, sehingga produk – produk yang bagus tersebut bisa menjadikan citra Indonesia memiliki perusahaan-perusahaan dengan produk unggulan dan tentunya siap bersaing di ranah global.

    Berikut ini manfaat yang didapatkan suatu perusahaan dengan pemilihan segmentasi pasar:
    1. Memungkinkan sebuah perusahaan untuk memperoleh dan menerapkan pemasaran secara lebih jelas dan terarah.
    2. Memberikan potensi keuntungan yang lebih kepada pihak perusahaan di pasar.
    3. Membantu perusahaan di dalam mengatur produk yang diolah sehingga menjadi lebih baik.
    4. Membantu pihak perusahaan untuk mengetahui serta membandingkan peluang pasar yang baru.
    5. Membantu menyusun dan menggunakan biaya yang ada dengan lebih efektif dan efesien
    6. Membantu perusahaan di dalam menciptakan daya tarik pada bidang pemasaran.

    Rujukan:
    Ramadhani, N., Kenapa Segmentasi Pasar Penting untuk Bisnis?
    , (Online), (https://www.akseleran.co.id/blog/segmentasi-pasar/) , diakses 24 Februari 2021

    Bella, Aulia., Segmentasi Pasar
    , (Online), (https://pakdosen.co.id/segmentasi-pasar/) , diakses 24 Februari 2021

  11. Dengan adanya segmentasi pasar maka usaha yang digeluti oleh seseorang atau perusahaan akan dengan mudah mampu memasarkan produknya dengan tepat sasaran. Dan perusahaan yang melakukan segmentasi pasar akan turut meningkatkan kualitas pasar yang di targetkan, dengan begitu maka pasar yang di targetkan akan menarik banyak konsumen. Kemudian juga perusahaan atau seseorang akan lebih mudah dalam mengevaluasi target pasar dan rencana bisnisnya.
    Rujukan :
    https://www.linovhr.com/segmentasi-pasar/
    https://www.jurnal.id/id/blog/pengaruh-segmentasi-pasar-terhadap-bisnis/

  12. – Segemntasi pasar sangat bermanfaat bagi perusahaan, seperti di era sekarang dimana persaingan bisnis semakin lama semakin ketat perusahaan-perusahaan harus pintar- pintar dalam mengeluarkan sebuah produk. Dengan segmentasi pasar perusahaan-perusahaan tersebut bisa mengukur apa yang dibutuhkan dan diminati oleh masyarakat dalam lingkup market mereka, sehingga barang ataupun produk yang dijual laku keras dipasaran.

    1. – Segmentasi pasar merupakan pemetaan konsumen yang memiliki karakteristik, daya beli, dan kebutuhan yang berbeda-beda dalam situasi pasar tertentu untuk menghasilkan volume penjualan lebih tinggi.

  13. segmenetasi pasar adalah pembagian konsumen yang memiliki karakteristik, daya beli, dan kebutuhan yang berbeda dalam suatu kondisi pemasaran tertentu sehingga dijadikan strategi pemasaran sebuah perusahaan untuk mencari target konsumen yang tepat.
    – Manfaat segmentasi pasar bagi perusahaan
    a. Ide atau gagasan pemasaran lebih terarah dan jelas
    Dengan adanya segmentasi pasar maka perusahaan dapat mencari ide untuk diterapkan dalam perusahaannya. Hal tersebut disebabkan karena perusahaan sudah mempunyai data tentang karakteristik dan kebutuhan konsumen.
    b. Memudahkan mengatur produk
    Perusahaan akan lebih mudah mengatur produk agar kualitasnya lebih bagus dan sesuai dengan kebutuhan dan kemauan konsumen. Sehingga peluang produk terjual lebih besar.
    c. Membantu perusahaan mendapatkan pasar segmentasi
    Perusahaan memiliki data kebutuhan konsumen sehingga perusahaan mampu mengelompokkan konsumen sesuai dengan apa yan diinginkan dan dibutuhkan.

    rujukan :
    https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-segmentasi-pasar-pengertian-tujuan-manfaat-dan-syaratnya/#:~:text=Di%20dalam%20suatu%20perusahaan%20sendiri,kebutuhan%20dan%20minat%20konsumen%20tersebut.
    https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-segmentasi-pasar/

  14. Segmentasi pasar/pengelompokan pasar dilakukan untuk membagi pasar yang masih sangat luas menjadi beberapa pasar yang bersifat homogen. Jika pengembang bisnis menerapkan segmentasi pasar maka dapat membantu pebisnis dalam memahami kebutuhan dan minat konsumen, memberikan pelayanan kepada konsumen yang sesuai, menentukan strategi pemasaran (produk, harga, distribusi, dan promosi) yang sesuai dengan kelompok market yang dituju, serta membantu mengevaluasi target dan rencana dalam pengembangan bisnis.

  15. Menurut saya segmentasi pasar ini sangat penting karena menentukan target pasar kita, mulai dari tempat yang strategis, target konsumen (mahasiswa, para penghobi, dll) jadi disana kita bisa memperhitungkan perusahaan kita seberapa besar persiapan kita untuk menghadapai pasar

    Terimakasih 🙂

  16. Segmentasi pasar merupakan suatu pembagian kelompok konsumen dalam sebuah pasar yang memiliki karakteristik, kebutuhan, serta perilaku yang heterogen menjadi sebuah pasar yang homogen. Maka dari itu pemilihan segmentasi pasar dalam pengembangan sebuah usaha sangatlah penting untuk dilakukan, karena dengan melakukan segmentasi pasar dapat menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi, sebab dapat mengetahui siapa saja yang berpotensi dapat memberikan pendapatan yang lebih besar. Selain itu dari segmentasi pasar juga dapat mengembangkan sebuah produk dengan biaya yang lebih rendah dikarenakan dapat langsung melakukan inovasi terhadap produk yang sesuai dengan kelompok tertentu. Segmentasi pasar juga dapat menciptakan daya tarik di bidang pemasaran dikarenakan pada saat telah mengetahui karakteristik para konsumen, para pengembang usaha dapat lebih mudah untuk melakukan memasarkan produk mereka.

    Sumber :
    Rizeki. Dini.N. 2020. Lebih Mengenal Segmentasi dan Target Pasar Bagi Bisnis Kamu. (https://majoo.id/blog/detail/lebih-mengenal-segmentasi-dan-target-pasar-bagi-bisnis-kamu)

  17. Menurut saya, segmentasi pasar sangatlah penting untuk menentukan target dan kelangsungan kegiatan pasar. Hal tersebut dikarenakan dalam mengembangkan sebuah pasar diperlukan pula observasi serta penyesuaian diri terhadap lingkungan ataupun era saat ini. Jadi pihak marketing harus menyesuaikan segmentasi pasar dengan memperhatikan gaya hidup target pasar atau konsumen, terlebih di masa pandemi. Dalam masa pandemi seperti ini, mayoritas masyarakat lebih memilih untuk menggunakan layanan digital dibandingkan konvensional. Selain lebih baik karena tidak berkerumun untuk mencegah penyebaran covid, masyarakat juga mulai lebih menyadari mudahnya melakukan transaksi perdagangan secara online. Sehingga untuk mengantisipasi hal tersebut, pihak marketing dapat mengembangkan usahanya dengan media digital atau secara online agar usahanya dapat terus maju dan bertahan meskipun di tengan masa pandemi.

  18. Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan lantaran adanya segmentasi pasar tersebut yaitu:
    1. Memungkinkan sebuah perusahaan untuk memperoleh dan menerapkan pemasaran secara lebih jelas dan terarah.
    2. Memberikan potensi keuntungan yang lebih kepada pihak perusahaan di pasar.
    3. Membantu perusahaan di dalam mengatur produk yang diolah sehingga menjadi lebih baik.
    4. Membantu pihak perusahaan untuk mengetahui serta membandingkan peluang pasar yang baru.
    5. Membantu menyusun dan menggunakan biaya yang ada dengan lebih efektif dan efesien
    6. Membantu perusahaan di dalam menciptakan daya tarik pada bidang pemasaran.

  19. Segmentasi pasar menurut Philip Kotler dan Gary Amstrong merupakan pembagian sebuah pasar menjadi beberapa bagian kelompok pembeli yang berbeda.
    Segmentasi pasar sendiri dapat dimaksudkan sebagai pembagian pasar yang berbeda-beda menjadi kelompok-kelompok pasar yang homogen, di mana setiap kelompok tersebut dapat ditargetkan untuk memasarkan suatu produk yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan, ataupun karakteristik yang dinginkan pembeli pada pasar tersebut.

    Manfaat dari segemntasi pasar bagi perusahaan adalah
    1. Dapat Merencanakan produk yang bisa memenuhi kebutuhan pasar
    2. Dapat Menentukan cara-cara promosi yang paling efektif bagi perusahaan
    3. Menciptakan peluang besar untuk bisa tumbuh dan berkembang.
    4. Dapat Mengatur anggaran perusahaan dengan tepat dan efektif

    sumber
    https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-segmentasi-pasar-pengertian-tujuan-manfaat-dan-syaratnya/

  20. Setiap perusahaan memiliki produk yang berbeda dan unik dari kompetitor. Untuk melakukan pemasaran yang baik, perusahaan harus memahami seperti apa produk yang dibutuhkan konsumen. Oleh karena itu, pemilihan segmentasi pasar dalam pengembangan sebuah usaha perlu untuk dilakukan agar perusahaan mampu memasarkan produknya dengan tepat sasaran. Jika segmentasi dilakukan dengan efektif, maka secara tidak langsung perusahaan turut meningkatkan efektivitas pemasaran dan juga efisiensi sumber daya perusahaan, sehingga pendapatan dari perusahaan tersebut juga semakin meningkat.

    Sumber rujukan:
    LinovHR. 2020. Segmentasi Pasar: Pentingkah dalam Perusahaan?. https://www.linovhr.com/segmentasi-pasar/ (diakses tanggal 25 Februari 2021).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *