Materi kedua pada matakuliah e-business adalah pengenalan aneka pasar dan segmentasi pasar. Hal ini merupakan pemahaman dasar dari sebuah bisnis untuk dapat memetakan sasaran pasar agar proses bisnis bisa berjalan efektif dan efisien.
Di akhir materi ini, silahkan berikan komentar terkait pentingnya pemilihan segmentasi pasar dalam pengembangan sebuah usaha! Sertakan rujukan yang mendukung.
Segmentasi Pasar merupakan sebuah proses pengelompokan atau pembagian calon konsumen berdasarkan karakteristik yang berbeda. Hal ini bisa ditujukan sebagai pembagian pasar yang berbeda-beda (heterogen) menjadi beberapa kelompok pasar yang homogen. Setiap kelompok tersebut dapat ditargetkan untuk memasarkan sebuah produk sesuai dengan kebutuhan, lokasi, dan karakteristik pembeli yang ada di pasar tersebut.
Pentingnya pemilihan segmentasi pasar dalam pengembangan usaha!
latar belakang dari pentingnya segmentasi pasar pada perkembangan usaha adalah disebabkan segmentasi akan memungkinkan suatu usaha/bisnis untuk lebih fokus dalam mengalokasikan sumber daya. Kemudian, segmentasi juga termasuk dasar dalam menentukan komponen strategi atau taktik secara keseluruhan. Selanjutnya, segmentasi juga merupakan kunci sukses agar dapat mengalahkan pesaing. Alasan dari suatu usaha melakukan segmentasi pasar salah satunya yaitu demi meningkatkan efektivitas strategi pemasaran yang telah di rencanakan, dan juga agar lebih terarah serta sumber daya pada usaha/bisnis yang dijalankan juga bisa dipakai secara efisien dan efektif. Segmentasi yang di tujukan sebagai strategi dalam peningkatan pemasaran tentu akan memberikan berbagai keuntungan baik bagi pelaku bisnisnya maupun konsumennya.
Sumber rujukan :
Anitasari, Nuraini. 2017. MEMAHAMI PENTINGNYA SEGMENTASI PASAR PADA PERUSAHAAN. https://blog.zahiraccounting.com/segmentasi-pasar-pada-perusahaan/ (diakses tanggal 25 Februari 2021).
Gary Amstrong berpendapat segmentasi pasar adalah kegiatan membagi pasar yang luas menjadi terpetak-petak sesuai kebutuhan dan karakteristik konsumen. Tujuannya ialah supaya perusahaan bisa melahirkan produk yang memang dibutuhkan oleh mereka.
Sedangkan menurut Pride dan Ferrel, segmentasi pasar adalah sebuah sistem untuk membagi pasar menjadi beberapa pelanggan potensial dan tertarget. Terutama untuk konsumen yang memiliki karakteristik dan kebutuhan yang sama.
Rujukan:
accurate.id. (28 Februari 2020). Pengertian Segmentasi Pasar, Syarat, Manfaat, Prosedur Dan Jenisnya Dalam Bisnis. Diakses pada 25 Februari 2021, dari https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-segmentasi-pasar/#:~:text=Segmentasi%20pasar%20adalah%20sebuah%20sistem,karakteristik%20dan%20kebutuhan%20yang%20sama.
PTI A 2018 – Anggeria Wanda Putri
Segmentasi dalam pemasaran produk adalah pemetaan konsumen yang memiliki karakteristik, daya beli, kebutuhan yang berbeda-beda di dalam situasi market tertentu. Secara otomatis konsumen ini akan menargetkan pembelian produk sesuai strategi pemasaran yang dianutnya. Biasanya segmentasi pemasaran dijadikan strategi perusahaan untuk mencari target konsumen yang tepat. Karena jika pemetaan ini sudah dikuasai, perusahaan bisa memproduksi barang/jasa yang memang dibutuhkan.
Pengertian segmentasi pemasaran yang lainnya adalah mempersatukan seluruh konsumen yang tertarget secara luas, menjadi lebih heterogen. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan efektifitas pemasaran sekaligus pemanfaatan sumber daya produksi.
https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-segmentasi-pasar/
dapat saya simpulkan bahwasannya Segmentasi pasar adalah salah satu bagian yg sangat penting guna menentukan suatu target dan referensi . dikarnakan untuk menjalankan strategi dan mennetukan segmentasi konsumen dalam kegiatan pemasaran bisnis dibutuhkan observasi atau peninjauan langsung jadi pihak produksi dapat mendapatkan data dan hasil nyata guna marketing nantinya mudah diterima oleh pasar dan konsumen.
Segmentasi pasar adalah sistem untuk membagi pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda disesuaikan dengan karakteristik, kebutuhan atau perilaku. Segmentasi dapat membagi kelompok-kelompok pembeli sesuai dengan kebutuhan sehingga produk yang dipasarkan dapat tepat sasaran. Segmentasi pasar dapat meningkatkan efektivitas strategi pemasaran yang telah dirancang dan sumber daya perusahaan dapat dimanfaatkan secara maksimal. Selain itu, periklanan suatu produk dapat lebih efektif karena pesan promosi lebih terarah sesuai segmen pasar.
Sumber:
https://www.linovhr.com/segmentasi-pasar/
Jurini, Kristanti Puji Winah. PJ.24.E.2: Menetapkan Segmentasi Pasar. 2003. (Online), (http://ftp.unpad.ac.id/orari/pendidikan/materi-kejuruan/bisnis-manajemen/penjualan/menetapkan_segmentasi_pasar.pdf)
suatu perusahaan melakukan segmentasi pasar demi meningkatkan efektivitas strategi pemasaran yang telah di rencanakan, serta agar lebih terarah dan pemakaian suber daya secara efisien dan efektif. Segmentasi yang di tujukan sebagai strategi dalam peningkatan pemasaran tentu akan memberikan berbagai keuntungan baik bagi pelaku bisnisnya maupun konsumennya,
Rujukan:
https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/segmentasi-pasar/
Pentingnya segmentasi dalam perusahaan ialah dalam membangun sebuah usaha, perusahaan dapat mampu mengelompokkan beberapa konsumen sesuai dengan produk yang ditawarkan dalam perusahaan tersebut. Selain itu dapat mengidentifikasi peluang pengembangan produk baru. Analisis yang cermat
terhadap beberapa segmen pasar potensial menunjukkan adanya satu atau dua
kelompok pasar yang memiliki kesamaan kebutuhan yang spesifik dari konsumen yang ditargetkan agar tepat sasaran, kemudian dapat membantu mendesain program pemasaran dengan lebih efektif dalam meraih kelompok pasar yang homogen atau memiliki kesamaan-kesamaan karakteristik. Dan dapat mengembangkan strategi pengalokasian sumber-sumber pemasaran dengan
lebih baik. Dengan melakukan segmentasi pasar yang memfokuskan investasi pada segmen pasar yang spesifik maka akan didapat keuntungan jangka panjang dalam memenangkan persaingan yang kompetitif.
Sumber:
Mulyana, M. (n.d.). Segmentasi Pasar, Penargetan Pasar dan Pemosisian.
https://osf.io/preprints/inarxiv/tcuj2/download
Segmentasi Pasar Aqua
Segmentasi pasar dari Aqua. Dimana dari sisi geografis, Aqua menyasar seluruh pasar di Indonesia. Tidak hanya di perkotaan, tapi juga di pedesaan.
Sementara dari sisi demografis, Aqua menargetkan semua kalangan dan semua jenis kelamin. Karena aman untuk dikonsumsi semua orang.
Sementara secara psikologis, Aqua ditujukan untuk kelas sosial menengah. Tapi juga menyasar kelas bawah, karena adanya spesialisasi ukuran tertentu. Selain itu Aqua juga diperuntukkan bagi orang-orang dengan gaya hidup praktis dan sehat, dengan kemasannya yang mudah dibawa.
Sumber : https://tambahpinter.com/contoh-segmentasi-pasar/#:~:text=Itulah%20beberapa%20contoh%20segmentasi%20pasar,memiliki%20pasar%20yang%20berbeda%20berbeda.
Alasan suatu perusahaan melakukan segmentasi pasar salah satunya yaitu demi meningkatkan efektivitas strategi pemasaran yang telah di rencanakan, dan juga agar lebih terarah serta sumber daya pada perusahaan juga bisa dipakai secara efisien dan efektif. Segmentasi yang di tujukan sebagai strategi dalam peningkatan pemasaran tentu akan memberikan berbagai keuntungan baik bagi pelaku bisnisnya maupun konsumennya.
Sumber : https://blog.zahiraccounting.com/segmentasi-pasar-pada-perusahaan/#:~:text=Manfaat%20Segmentasi%20Pasar,dipakai%20secara%20efisien%20dan%20efektif.
Menurut Gary Amstrong dan Philip Kotler, definisi segmentasi pasar ialah pembagian sebuah pasar atau market menjadi sejumlah kelompok konsumen atau pembeli yang berbeda. Tujuan dari penelompokan pasar tersebut yaitu agar pasar heterogen (berbeda-beda) dibagi menjadi kelompok pasar homogeny (yang sama). Hal itu bertujuan agar tiap kelompok dapat ditargetkan dalam memasarkan sebuah produk yang sesuai kebutuhan, karakteristik, serta keinginan pembeli atau konsumen yang terdapat pada pasar tersebut.
Latar belakang dari pentingnya segmentasi pasar pada perusahaan yaitu disebabkan segmentasi akan memungkinkan suatu perusahaan untuk lebih fokus dalam mengalokasikan sumber daya. Kemudian, segmentasi juga termasuk dasar dalam menentukan komponen strategi atau taktik secara keseluruhan. Selanjutnya, segmentasi juga merupakan kunci sukses agar dapat mengalahkan pesaing.
Sumber : MEMAHAMI PENTINGNYA SEGMENTASI PASAR PADA PERUSAHAAN – Zahir Accounting Blog https://blog.zahiraccounting.com/segmentasi-pasar-pada-perusahaan/#:~:text=Manfaat%20Segmentasi%20Pasar,dipakai%20secara%20efisien%20dan%20efektif.
Dalam suatu bisnis pasti memiliki keadaan tertentu dalam memulai bisnisnya. Pemilihan segmentasi sangat membantu bisnis-bisnis agar memudahkan dalam melakukan bisnis. Lalu, segmentasi mempermudah dalam merancang produk yang akan dijual agar sesuai dengan konsumen atau pembeli. Segmentasi juga mempermudah dalam memfokuskan target pasar dan mempermudah rancangan promosi produk.
Sumber Rujukan :
Wahyono, Budi. 2015. Pengertian Dan Manfaat Segmentasi Pasar. http://www.pendidikanekonomi.com/2015/07/pengertian-dan-manfaat-segmentasi-pasar.html#:~:text=Secara%20terperinci%20dapat%20dikatakan%20bahwa,yang%20paling%20efektif%20bagi%20perusahaan (online). Diakses pada tanggal 27 Febuari 2021
Tiap perusahaan memiliki produk yang berbeda dan unik dari kompetitor. Untuk melakukan pemasaran yang efektif, perusahan harus memahami konsumen seperti apa yang membutuhkan produk mereka. Sebuah perusahaan akan menyediakan kebutuhan dan keinginan konsumen bervariasi dengan menggunakan model yang berbeda tergantung segmen yang akan dituju.
Contohnya adalah perusahaan alat tulis. Walau produknya serupa, pasar alat tulis cukup berbeda tergantung konsumennya. Tentu saja segmentasi untuk pemasaran alat tulis kantor dan pelajar sangat berbeda. Ketika perusahaan alat tulis kantor keliru menetapkan segmentasi dan malah menyasar segmentasi ke arah pelajar, tentu saja produk mereka tidak akan laku di kalangan pelajar. Lagi-lagi kondisi ini akan menyusahkan dan merugikan perusahaan.
Alasan mengapa segmentasi pasar penting agar perusahaan mampu memasarkan produk tepat sasaran. Jika perusahaan melakukan segmentasi pasar dengan efektif, secara tidak langsung perusahaan turut meningkatkan efektivitas pemasaran dan juga efisiensi sumber daya perusahaan. Sehingga pendapatan perusahaan juga semakin meningkat.
Sumber: https://www.linovhr.com/segmentasi-pasar
1. Segmentasi pasar adalah kegiatan memetakan sebuah pasar ke dalam beberapa kelompok yang berbeda. Di setiap kelompok terdiri atas konsumen yang memiliki ciri sifat yang sama atau mendekati sama (Sofian Assauri, 2015).
Menurut Kotler (2016) dalam Jurnal May Sandy Br Ginting, Segmentasi pasar merupakan usaha untuk mengelompokan konsumen dalam beberapa kelompok dimana setiap kelompok orang-orangnya cukup homogen.
Segmentasi Pasar dibedakan menjadi 3 kategori besar yaitu geografi, demografi, dan psikologi. Adapun manfaat dari segementasi pasar diantaranya :
– Untuk merencanakan usaha dengan matang, sehingga produk yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan pasar
– Untuk memilih media promosi yang tepat
– Sebagai pembanding di pasar dengan kompetitor.
Source :
https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/jmmd/article/download
Menurut Rahmi Yuliana, 2013 dengan adanya segmentasi pasar, perusahaan akan lebih spesifik dalam membuat produk dan mengupayakan terpenuhinya kebutuhan pasar yang menjadi targetnya.
Sumber:
Yuliana, Rahmi. 2013. “Analisis Strategi Pemasaran Pada Produk Sepeda MOtor Matik Berupa Segmentasi, Targeting, dan Positioning Serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pemebelian Konsumen di Semarang”. Jurnal STIE Semarang, Vol 5, No 2
Pada era sekarang diperlukannya segmentasi pasar adalah proses mengelompokan pasar dalam sebuah kelompok sehingga memiliki ciri dan kebutuhan yang sesuai. pemilihan segmentasi pasar ini digunakan untuk mengembangkan usaha sehingga dinilai penting untuk digunakan, strategi ini dinilai lebih mudah dikarenakan produsen dapat dengan mudah memasarkan produk yang sesuai dengan pasar kemudian merencanakan kelanjutan dari proses pemasaran tersebut, selain itu konsumen lebih mudah dalam memiliki produk yang sesuai dengan karakteristik produk serta sesuai dengan kebutuhan konsumen
Rujukan :
https://www.jurnal.id/id/blog/2018-segmentasi-pasar-strategi-jitu-untuk-mengefisiensikan-kinerja-marketing-anda/
https://www.porosilmu.com/2015/09/memahami-tujuan-segmentasi-pasar.html
Segmentasi dalam pemasaran produk adalah pemetaan konsumen yang memiliki karakteristik, daya beli, kebutuhan yang berbeda-beda di dalam situasi market tertentu. Secara otomatis konsumen ini akan menargetkan pembelian produk sesuai strategi pemasaran yang dianutnya. Biasanya segmentasi pemasaran dijadikan strategi perusahaan untuk mencari target konsumen yang tepat. Karena jika pemetaan ini sudah dikuasai, perusahaan bisa memproduksi barang/jasa yang memang dibutuhkan.
Segmentasi pasar merupakan proses pengelompokan atau pembagian calon konsumen berdasarkan ciri khas yang berbeda. Hal ini bisa ditujukan sebagai pembagian pasar yang berbeda-beda (heterogen) menjadi beberapa kelompok pasar yang sama (homogen). Setiap kelompok tersebut dapat ditargetkan untuk memasarkan sebuah produk sesuai dengan kebutuhan, lokasi, dan karakteristik pembeli yang ada di pasar tersebut.
Segmentasi pasar menurut Philip Kotler dan Gary Amstrong adalah pembagian sebuah pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda. Segmentasi pasar dapat dimaksudkan sebagai pembagian pasar yang berbeda-beda (heterogen) menjadi kelompokkelompok pasar yang homogen, dimana setiap kelompoknya bisa ditargetkan untuk memasarkan suatu produk sesuai dengan kebutuhan, keinginan, ataupun karakteristik pembeli yang ada di pasar tersebut.
Dapat disimpulkan bahwa pengertian segmentasi pasar adalah pengelompokkan pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang homogen, dimana tiap kelompok (bagian) dapat dipilih sebagai pasar yang dituju (ditargetkan) untuk pemasaran suatu produk. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.
sumber : Khoir, M. (2016). MENGIDENTIFIKASI SEGMEN PASAR DAN MEMILIH PASAR SASARAN.
Dengan melakukan segmentasi pasar perusahaan dapat menentukan strategi pemasaran yang lebih efektif dan efisien. Karena dengan membagi pelanggan kedalam kelompok-kelompok maka pendistribusian barang akan lebih tepat sasaran kepada konsumen yang membutuhkan sehingga peluang produk akan dibeli oleh konsumen lebih tinggi.
Menurut Pride dan Ferrel, segmentasi pasar adalah sebuah sistem untuk membagi pasar menjadi beberapa pelanggan potensial dan tertarget. Terutama untuk konsumen yang memiliki karakteristik dan kebutuhan yang sama.
Segmentasi pasar sangat penting,salah satu nya yaitu meningkatkan ke efektifan strategi pemasaran yang sudah direncanakan.Selain itu juga segmentasi pasar adalah kunci sukses untuk bersaing dengan banyak pesaing.